CEK Update Harga Bahan Pokok di Sukoharjo, Bawang Merah dan Cabe Rawit Naik

- 29 November 2023, 15:01 WIB
Berikut ini update harga bahan pokok di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sesuai data resmi pemerintah setempat.
Berikut ini update harga bahan pokok di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sesuai data resmi pemerintah setempat. /Freepik



BERITASOLORAYA.com – Simak update harga bahan pokok di Kabupaten Sukoharjo. Data harga bahan pokok ini didasarkan pada surat edaran Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan atau Diskopumdag Kabupaten Sukoharjo.

Diskopumdag Kabupaten Sukoharjo merilis data terbaru harga bahan pokok di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah per 20 November 2023. Data tersebut termaktub dalam surat edaran dengan nomor 510.34/136.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman resmi pemerintah Kabupaten Sukoharjo terdapat perbedaan harga bahan pokok rata-rata jika dibandingkan dengan data tanggal 13 November 2023.

Berikut ini rangkuman perubahan harga bahan pokok, di antaranya meliputi kelompok tanaman pangan, perikanan dan peternakan, industri barang konsumsi, hingga harga LPG. Berikut selengkapnya.

Berdasarkan data terbaru Diskopumdag Kabupaten Sukoharjo, harga bawang merah naik 11,54 persen, dari 26 ribu per kilogram menjadi 29 ribu per kilogram.

Selain itu, harga cabe rawit merah juga naik 12,82 persen, dari 78 ribu per kilogram menjadi 88 ribu per kilogram. Kenaikan harga pada bawang merah dan cabe rawit merah disebabkan oleh stok barang terbatas sedangkan permintaan meningkat.

Baca Juga: Promo Kereta Cepat Whoosh Bulan Desember 2023, Harga Tiket Mulai Rp200 Ribu, Pesan Tiket dari Sekarang!

Selain itu, harga tepung tapioka mengalami penurunan dari 9 ribu per kilo menjadi 8 ribu per kilo. Kemudian, cabe keriting turun dari 73 ribu menjadi 70 ribu per kilo, harga kentang turun dari 17 ribu menjadi 16 ribu per kilo, harga wortel turun dari 14 ribu menjadi 13 ribu per kilo. Penurunan harga terjadi karena stok barang di pasar meningkat sementara permintaan relatif stabil.

Selanjutnya, harga susu Bendera coklat naik dari 12 ribu menjadi 12.500 per kaleng. Sementara gula kelapa juga naik dari 18 ribu menjadi 19 ribu per kilo. Adapun garam briket turun dari 2.500 menjadi 2.300 per bata.

Terakhir, harga LPG 3 kg relatif stabil di angka Rp14.250 di agen, HET di Pangkalan Rp15.500, sedangkan di pengecer atau konsumen seharga Rp17 ribu sampai dengan Rp20 ribu per tabung.

Lebih lanjut, perubahan harga bahan pokok ini memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat Kabupaten Sukoharjo. Dengan demikian, masyarakat diharap dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan dan mengambil keputusan pembelian.

Nah, untuk melihat daftar lengkap harga bahan pokok di Kabupaten Sukoharjo, Anda dapat mengunjungi laman ini.***

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah