Benarkah Investasi Emas Logam Mulia Lebih Tahan Inflasi Dibanding Saham atau Obligasi? Cek Infonya Disini

- 13 Desember 2023, 13:06 WIB
Benarkah investasi logam mulia emas lebih tahan inflasi dibanding saham atau obligasi cek infonya disini
Benarkah investasi logam mulia emas lebih tahan inflasi dibanding saham atau obligasi cek infonya disini /Pexels.com/@Zlataky cz/

BERITASOLORAYA.com – Berikut artikel tentang benarkah investasi emas logam mulia lebih tahan inflasi dibanding saham atau obligasi. Cek informasi lengkapnya terkait pilihan investasi jelang tahun 2024 disini.

Sebentar lagi akan memasuki tahun 2024, tahun yang tidak terlalu baik untuk iklim perekonomian terutama bisnis. Di tahun 2024 identik dengan tahun pemilu Dimana par ainvestor biasanya akan menahan sejumlah uang untuk melakukan investasi sampai ada kejelasan siapa pemimpin yang akan terpilih dalam proses pemilu tahun depan.

Bagi masyarakat yang ingin mulai investasi dan masih bingung kira-kira instrument investasi mana yang aman dipilih jelang tahun 2024? Tidak perlu bingung karena dari beberapa banyak pilihan instrument investasi, Emas jadi salah satu produk investasi yang terbilang aman dan liquid sehingga bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 Rabu, 13 Desember Live di Indosiar: Persebaya Surabaya vs Persis Solo

Pilihan investasi emas sering didasari karena emas logam mulia adalah investasi yang cukup tahan dari gempuran inflasi dibanding instrument investasi saham dan obligasi. Meski begitu, Anda tetap harus hati-hati dan cermat dalam memilih waktu yang tepat dan jumlah yang tepat untuk membeli logam mulia.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, investasi emas memang dinilai cukup efektif tahan pada inflasi. Namun ini berlaku untuk investasi logam mulia emas dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Investasi emas bisa jadi tidak tahan inflasi jika Anda hanya investasi emas dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun atau bahkan 3 tahun.

Pergerakan harga emas sama fluktuatifnya dengan pergerakan harga saham dan obligasi, meski secara tingkat stabilitas dan daya tahan terhada inflasi, emas dinilai lebih unggu dibanding investasi lainnya.

Tapi, perlu diketahui sebaiknya jangan membeli emas logam mulia dalam jumlah lebih banyak dibanding investasi saham dan obligasi Anda. Ini berkaitan dengan imbal hasil yang diperoleh dari ketiga instrument investasi ini. Imbal hasil paling besar tetap dihasilkan oleh saham dan obligasi sisanya baru dari logam mulia.

Meski begitu, jelang tahun 2024 Anda bisa berjaga-jaga untuk mulai mengalokasikan uang ke investasi logam mulia. Berikut alasan kenapa investasi logam mulia dinilai lebih aman dan stabil dari nilai inflasi yang berubah-ubah.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x