Awal Tahun Baru, Stabilitas Harga Bahan Pokok di Sulawesi Tenggara

- 4 Januari 2024, 18:28 WIB
Awal Tahun Baru:  Stabilitas Harga Bahan Pokok di Sulawesi Tenggara
Awal Tahun Baru: Stabilitas Harga Bahan Pokok di Sulawesi Tenggara /Pixabay.com/@denniz-futalan/

BERITASOLORAYA.com – Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan alam tersendiri. Tak heran apabila banyak komoditas bahan pokok yang diproduksi secara lokal.

Walaupun saat ini cuaca ekstrem sedang melanda di beberapa daerah Indonesia. Namun, untuk awal tahun 2024 ini harga komoditas bahan pokok di Provinsi Sulawesi Tenggara terhitung cukup stabil.

Demi menjaga stabilitas harga pangan tentunya dibutuhkan usaha maksimal. Peran kolaborasi antara pemerintah daerah bersama dengan lembaga terkait memiliki peran kunci untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran.

Baca Juga: Ayo Bersiap! Rekrutmen CPNS 2024 Segera Dibuka, Yuk Cek Persyaratannya

Secara keseluruhan, harga bahan pokok di Provinsi Sulawesi Tenggara terpantau relatif stabil pada awal tahun baru 2024 ini. Sedikitnya hanya terdapat enam komoditas bahan pokok yang mengalami perubahan harga diantaranya dua bahan pokok mengalami kenaikan harga, empat bahan pokok mengalami penurunan harga, dan sembilan bahan pokok lainnya terhitung stabil.

Bahan pokok yang terpantau mengalami penurunan harga di Provinsi Sulawesi Tenggara pada awal tahun baru 2024 adalah gula pasir, cabe merah keriting, cabe rawit merah dan cabe merah besar. Sedangkan, bahan pokok yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah bawang merah dan bawang putih honan.

Artikel ini akan membahas mengenai perkembangan terkini harga bahan pokok pada awal tahun baru 2024 di Provinsi Sulawesi Tenggara, berdasarkan informasi yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari website resmi Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan dengan pantauan update terakhir pada tanggal 3 Januari 2024, sebagai berikut:

1. Beras medium : Rp13.422/Kg (stabil)

2. Beras premium : Rp14.416/Kg (stabil)

3. Gula pasir : Semula Rp18.167/Kg menjadi Rp17.832/Kg (mengalami penurunan harga)

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x