Tantangan di Balik Ketidakstabilan Harga Bahan Pokok di DKI Jakarta

- 6 Januari 2024, 19:47 WIB
Ikustrasi bahan pokok di pasar
Ikustrasi bahan pokok di pasar /Freepik/pressfoto

BERITASOLORAYA.com – Ketidakstabilan harga bahan pokok di DKI Jakarta pada awal tahun baru menjadi hal yang turut menjadi perbincangan ekonomi regional. Dinamika pasar yang memiliki tendensi ke arah fluktuatif telah memberikan dampak signifikan pada kehidupan sehari-hari masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta.

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan ketidakstabilan harga bahan pokok di DKI Jakarta. Diantaranya adalah perubahan musim ke arah cuaca yang lebih ekstrem sehingga menyebabkan pasokan pangan yang sedikit tidak konsisten.

Secara keseluruhan, harga bahan pokok di Provinsi DKI Jakarta terpantau relatif tidak stabil pada awal tahun baru 2024 ini. Terdapat sembilan komoditas bahan pokok yang mengalami perubahan harga diantaranya lima bahan pokok mengalami kenaikan harga, empat bahan pokok mengalami penurunan harga, dan tujuh bahan pokok lainnya terhitung stabil.

Baca Juga: Formasi Seleksi PPPK 2024 Ada Berapa? Simak Kuota Formasi CPNS dan PPPK berikut!

Bahan pokok yang terpantau mengalami penurunan harga di Provinsi DKI Jakarta pada awal tahun baru 2024 adalah beras premium, daging ayam ras, cabe rawit merah, dan bawang putih honan. Sedangkan, bahan pokok yang terpantul mengalami kenaikan harga adalah beras medium, daging sapi paha belakang, daging ayam ras, cabe merah keriting, dan cabe merah besar.

Artikel ini akan membahas mengenai perkembangan terkini harga bahan pokok pada awal tahun baru 2024 di Provinsi DKI Jakarta, berdasarkan informasi yang dikutip dari website resmi Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan dengan pantauan update terakhir pada tanggal 5 Januari 2024, sebagai berikut:

1. Beras medium : Semula Rp13.484/Kg menjadi Rp13.516/Kg (mengalami kenaikan harga)

Baca Juga: Cek Seragam PPPK dan PNS Terbaru, Serupa Namun Tak Sama!

2. Beras premium : Semula Rp14.274/Kg menjadi Rp14.252/Kg (mengalami penurunan harga)

Halaman:

Editor: Tria Ari Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah