SIAP CAIR FEBRUARI 2024! Berikut Cara Cek Penerima BLT Pangan Rp600 Ribu dan Jadwal Pencairan, KPM Wajib Tahu

- 30 Januari 2024, 15:42 WIB
Siap cair Februari 2024, berikut cara cek daftar penerima BLT pangan dan jadwal pencairan disini
Siap cair Februari 2024, berikut cara cek daftar penerima BLT pangan dan jadwal pencairan disini /Pixabay.com/@Emaji/

BERITASOLORAYA.com – Kabar bahagia bagi Keluarga Penerima Manfaat atau KPM, pemerintah kembali menggelontorkan dana BLT senilai Rp600 ribu yang siap cair Februari 2024 khusus KPM yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

Mungkin sebagian KPM belum banyak yang tahu atau baru pertama kali mendengar informasi kalau baru-baru ini pemerintah memberikan BLT yang disebut dengan BLT pangan. Perlu diketahui BLT pangan ini berbeda dengan BLT El Nino yang tahun 2024 juga kembali diteruskan.

BLT pangan yang baru-baru ini diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo bukan BLT pengganti BLT El Nino yang sudah lebih dahulu berjalan. BLT El Nino akan tetap dilanjutkan sampai bulan Juni 2024.

Baca Juga: BOCORAN CPNS 2024: Calon Pelamar Siap-Siap ya, Menpan RB Sampai Hal Berikut…

Bagi yang belum mengetahui, bansos atau BLT pangan adalah BLT yang diluncurkan oleh presiden Joko Widodo untuk menjaga stabilitas daya beli masyarakata khususnya saat terjadi fenomena kekeringan panjang dna menjelang hari libur keagamaan.

Umumnya, menjelang hari libur keagamaan atau adanya kekeringan panjang, sejumlah kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga yang membuat daya beli masyarakat menurun. Oleh karena itu muncullah BLT pangan atau sering juga disebut BLT Mitigasi Pangan.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, sebanyak 18,8 juta KPM yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos akan mendapat BLT pangan yang mulai cair pada bulan Februari 2024.

BLT Pangan akan dicairkan dengan total dana Rp600 ribu dirapel selama 3 bulan mulai Januari sampai Maret 2024 dan proses penyalurannya akan diberikan pada bulan Februari 2024 secara bertahap.

Proses penyaluran BLT pangan atau Mitigasi Pangan ini akan di evaluasi selama 3 bulan kedepan. Jika proses penyaluran baik dan tepat sasaran, besar kemungkinan BLT pangan ini akan dilanjutkan.

Berikut cara cek BLT pangan bagi KPM yang terdaftar di DTKS Kemensos atau cek bansos.kemensos.go.id:

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah