Bolehkah Seorang Muslim Rayakan Hari Ulang Tahun? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

- 14 November 2023, 18:33 WIB
Bolehkah Seorang Muslim Rayakan Hari Ulang Tahun?
Bolehkah Seorang Muslim Rayakan Hari Ulang Tahun? /Freepik.com/@benzoix/

 

BERITASOLORAYA.com – Sebagai seorang muslim yang menganut ajaran Islam, kerap timbul di dalam benak tentang pertanyaan bolehkah seorang muslim merayakan hari ulang tahun.

Seringnya pertanyaan tentang perayaan hari ulang tahun oleh seorang umat muslim timbul, maka berikut ini akan dijelaskan mengenai hukum syariah mengenai perayaan sesuatu peringatan khusus.

Sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 14 November 2023, bahwa hari ulang tahun merupakan perayaan suatu hari peringatan khusus. Menurut hukum syariah merayakan hari ulang tahun atau peringatan khusus lainnya adalah boleh.

Baca Juga: TERBARU! Progres Penetapan NI PPPK Tahun 2022 per 13 November 2023, Berikut Selengkapnya

Memang diperbolehkan bagi seorang muslim untuk merayakan acara-acara khusus, seperti ulang tahun, wisuda, dan hari jadi pernikahan. Hal ini dikarenakan menurut Islam, sukacita muslim dalam karunia dan rahmat Allah SWT adalah halal.

Acara ulang tahun, wisuda, dan hari jadi pernikahan merupakan karunia serta rahmat dari Allah SWT. Sehingga bersukacita dalam rahmat dan karunia Allah SWT adalah halal dan diperbolehkan bagi umat Islam.

Sejalan dengan hal tersebut, Departemen Umum Iftaa’ di Yordania, menyatakan bahwa bersukacita merayakan hari ulang tahun, wisuda, dan hari jadi pernikahan adalah boleh. Hal ini lebih baik daripada menimbun kekayaan.

 “Katakanlah: Dalam karunia Allah SWT, dan dalam rahmat-Nya. Dalam hal itu biarlah mereka bersukacita. Itu lebih baik daripada kekayaan dan harta yang mereka timbun.” (QS. Yunus 10:58).

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah