INILAH 5 Hikmah dari Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Simak Selengkapnya...

- 8 Februari 2024, 16:31 WIB
Ilustrasi. Perjalanan Nabi Muhammad SAW di malam Isra Miraj sarat makna. Menguji iman, pentingnya hati suci, hingga kesempurnaan Islam.
Ilustrasi. Perjalanan Nabi Muhammad SAW di malam Isra Miraj sarat makna. Menguji iman, pentingnya hati suci, hingga kesempurnaan Islam. /Cole Keister on Unsplash



BERITASOLORAYA.com - Simak 5 hikmah dari peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad saw. Perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa dan Sidratul Muntaha pada malam Isra Miraj merupakan peristiwa monumental yang penuh makna dan hikmah Bagi umat Islam.

Peristiwa Isra Miraj tidak hanya menjadi kisah fantastik, tetapi juga menjadi pengingat akan kemahakuasaan Allah SWT, pentingnya kesucian hati, dan kesempurnaan ajaran Islam.

Peristiwa Isra Miraj menjadi salah satu tonggak sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW. Hal tersebut tidak hanya menunjukkan kebesaran Allah SWT namun juga memberikan hikmah yang mendalam bagi umat manusia.

Berikut ini 5 hikmah yang bisa diambil dari peristiwa Isra Miraj.

Baca Juga: Libur Isra Mikraj, Bansos Rp600 Ribu Tetap Cair di PT Pos dan Bank Himbara, Segera Akses Cek Bansos Kemensos

Ujian Iman Bagi Umat Islam

Isra Miraj merupakan momen penting dalam sejarah Islam yang menguji ketabahan keimanan umat. Pada saat Nabi Muhammad SAW menceritakan pengalamannya yang luar biasa, banyak orang yang kesulitan menerima kebenaran peristiwa tersebut.
Namun bagi yang beriman kuat, Isra Miraj merupakan bukti nyata kekuasaan Allah yang tak terbatas. Pengalaman tersebut menjadi titik balik penting dalam menguatkan keimanan umat Islam dan menguatkan keimanan mereka kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Kesucian Hati: Membangun Keberkahan
Sebelum Nabi Muhammad SAW diperintahkan shalat lima waktu, beliau mengalami penyucian hatinya dengan air zam-zam. Tindakan ini melambangkan pentingnya kesucian hati dalam menerima perintah dan nikmat Allah SWT.


Hati yang suci dan bersih dari segala kekotoran dan kemusyrikan merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan hidayah dan ketaatan kepada Allah SWT.
Dengan hati yang suci, umat Islam dapat lebih memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan benar serta menerima keberkahan dalam hidupnya.

Membuka Wawasan Pengetahuan

Isra Miraj membawa Nabi Muhammad SAW melampaui batas dunia fisik menuju dunia gaib yang tidak dapat diakses oleh manusia biasa.

Pengalaman ini membuka pemahaman akan kebesaran dan keagungan alam semesta yang diciptakan Allah SWT. Hal ini mendorong umat Islam untuk terus belajar dan menjelajahi alam semesta tidak hanya dari sudut pandang fisik dan material, tetapi juga dari sudut pandang spiritual dan metafisik.

Isra Miraj menginspirasi umat Islam untuk memperluas pemahaman mereka tentang ciptaan Allah dan mencari lebih banyak kebenaran melampaui batas-batas yang terlihat.

Baca Juga: KPM Wajib Simak Ini: Terungkap Alasan Bansos Beras Dihentikan Sementara!

Kesempurnaan Ajaran Islam

Ketika menjadi Imam para Nabi terdahulu pada masa Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa Islam adalah agama yang melengkapi ajaran yang sudah ada sebelumnya.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah