Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa? Intip Jadwal dan Informasi Puasa Ramadhan dari Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah

- 30 Januari 2024, 18:21 WIB
Ilustrasi bulan puasa atau Ramadhan. Simak tanggal mulai puasa berdasarkan NU, Muhammadiyah, dan pemerintah
Ilustrasi bulan puasa atau Ramadhan. Simak tanggal mulai puasa berdasarkan NU, Muhammadiyah, dan pemerintah /Pixabay/suhailsuri

BERITASOLORAYA.com - Intip jadwal puasa Ramadhan dari Muhammadiyah maupun Nu dan pemerintah.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1445 H sebagai awal puasa Ramadhan. Jadwal tersebut jatuh pada hari Senin, 11 Maret 2024.

Untuk jadwal penetapan Ramadhan 2024 versi Muhammadiyah, hal ini tertulis dalam Hasil Hisab Awal Ramadan, yaitu 1 Syawal dan 10 Zulhijah 1445 H.

Dalam hasil metode hisab oleh Muhammadiyah dijelaskan bahwa ijtimak menjelang Ramadan 1445 H terjadi pada Minggu, 10 Maret 2024. Ijtima menjelang Ramadhan terjadi pada pukul 16.07.42 WIB.

Ijtima yang dimaksud adalah suatu peristiwa saat bumi, matahari, dan bulan tepat berada di posisi bujur langit yang sama. Hal tersebut tampak jika dilihat atau diamati dari bumi.

Baca Juga: INFO TERBARU! Pemerintah akan Salurkan BLT Rp600 Ribu, BLT El Nino Ganti Nama? Ini Penjelasannya

Ijtima dapat terjadi pada saat yang sama. Ia berlaku untuk seluruh muka bumi, akan tetapi jamnya tergantung pada jam di tempat bersangkutan atau waktu setempat.

Masih menurut Muhammadiyah, menurut jam WIB, ijtima terjadi pada pukul 16.07.42 WIB. Hal ini berarti sama dengan pukul 12.07.42 WAS atau Waktu Arab Saudi sebab selisih waktu Indonesia-Arab Saudi adalah 4 jam.

Ketika matahari terbenam pada hari Minggu, 10 Maret 2024 di wilayah Indonesia, pada saat itu, bulan berada di atas ufuk (hilal sudah wujud) kecuali di beberapa wilayah termasuk Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah