KPM Wajib Simak Ini: Terungkap Alasan Bansos Beras Dihentikan Sementara!

- 8 Februari 2024, 15:36 WIB
Ilustrasi: bansos beras bagi KPM dihentikan sementara
Ilustrasi: bansos beras bagi KPM dihentikan sementara /Pixabay/minthu

BERITASOLORAYA.com - Pemerintah melalui Kemensos telah menyalurkan bansos atau bantuan sosial sejak Januari untuk tahun 2024. Bantuan beras ini digelontorkan untuk tiap PKH dengan jumlah 10 kilogram.

Bansos beras tersebut disalurkan sejak tahun 2023 dan dibagikan kepada 22.000.000 KPM atau Keluarga Penerima Manfaat. Pemberian bansos kepada KPM ini dilaksanakan setiap bulan.

Meskipun begitu, kini bansos yang diberikan berupa bantuan pangan beras kepada KPM telah dihentikan sementara.

Penghentian penyaluran bansos beras untuk KPM ini dihentikan pada 11-14 Febrruari 2024. Alasan yang dikemukakan pemerintah ialah karena pada masa tersebut merupakan hari terakhir kampanye dan masa tenang menjelang hari pencoblosan Pemilu 2024.

Baca Juga: Dear KPM, Bansos Beras Kini Resmi Distop Sementara, Berikut Alasannya

Kepala Bappenas Arief Prasetyo Adi membantah bahwa penyaluran bansos beras yang sempat ramai beberapa waktu lalu itu terkait dengan kepentingan Pemilu 2024.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa bansos beras sebenarnya sudah disalurkan oleh pemerintah sejak 2023 dan dilanjutkan pada tahun ini.

Masih menurut Arief, bantuan sosial berupa beras tersebut dilanjutkan pada 2024 dengan tujuan untuk menjaga stabilitas harga dan supaya masyarakat dari kalangan menengah ke bawah dapat memperoleh beras yang harganya masih tinggi.

Sebagai catatan, sebelum penghentian sementara bansos ini, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa bansos akan dilanjutkan sampai pada bulan Juni 2024.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x