Kementerian Agama Siapkan Program Persiapan Studi Lanjut S1 dan S2 Non Gelar, Apa Sajakah Persyaratannya?

- 22 September 2023, 21:04 WIB
Kementerian Agama Siapkan Program Persiapan Studi Lanjut S1 dan S2 Non Gelar
Kementerian Agama Siapkan Program Persiapan Studi Lanjut S1 dan S2 Non Gelar /pexels.com/@buro-millennial-636760//

BERITASOLORAYA.com – Direktorat Perguruan Tinggi Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) memberikan kesempatan kepada para siswa SMA/MA/sederajat untuk mempersiapkan rencana studi lanjut S1.

Begitupula dengan mahasiswa S1, Kemenag juga memberikan kesempatan untuk mempersiapkan rencana studi lanjut S2. Akses ini dipersiapkan oleh Diktis Kemenag pada bentuk Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL).

PPSL ini didesain sebagai program afirmasi serta perluasan akses kuliah. Program yang disediakan oleh Diktis Kemenag ini adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Jadi bagi para siswa SMA/MA/sederajat yang ingin meneruskan rencana studi lanjut S1 bisa mempersiapkan diri sedini mungkin.

Baca Juga: P1 Menang Banyak Pada Tes PPPK Guru 2023: Langsung Penempatan Kerja Tetapi ada Persyaratannya, Cek Langsung

Begitupula dengan mahasiswa S1 yang ingin melanjutkan studi S2, Kemenag mengajak untuk mempersiapkan diri lebih awal. Seperti informasi yang dihimpun BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 22 September 2023, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun beberapa persyaratan tersebut di antaranya yaitu.

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Siswa/siswi berprestasi dari SMA/MA/sederajat kelas 11-12 untuk persiapan studi lanjut S1. Sedangkan untuk persiapan studi lanjut S2 diperuntukkan kepada mahasiswa S1 (minimal semester 7) tahun pelajaran akademik 2023/2024.

3. Direkomendasikan oleh Kepala Satuan Pendidikan untuk siswa/guru/tenaga kependidikan. Sedangkan untuk mahasiswa/alumni PTK/PBSB direkomendasikan oleh Ketua Program Studi. Rekomendasi juga bisa dari atasan tempat bekerja bagi Pegawai Kemenag.

4. Tidak sedang atau akan menerima beasiswa dari sumber lain yang berpeluang double funding selama mengikuti Beasiswa Indonesia Bangkit.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah