Sudah Tahu Sejarah Tari Bedhaya Ketawang? Pelajari Dulu yuk Kisahnya Berikut Ini

- 30 September 2023, 12:41 WIB
Tari Bedhaya Ketawang
Tari Bedhaya Ketawang /Tangkap Layar Buku Tematik Kemdikbud/

BERITASOLORAYA.com – Keraton Kasunanan Surakarta sedari dulu memang memegang budaya dan adat istiadat yang kental. Salah satu budaya yang dimiliki oleh Keraton Kasunanan Surakarta adalah Tari Bedhaya Ketawang.

Tari Bedhaya Ketawang merupakan tari Jawa klasik kuno yang memiliki nilai sakralitas tinggi. Selain itu, tarian ini merupakan tari kebesaran milik Keraton Kasunanan Surakarta. Oleh sebab itu, nilai budaya tarian ini sangat kaya dan kental.

Sisi menarik dari Tari Bedhaya Ketawang adalah hanya dipertunjukkan ketika penobatan raja dan saat tingalan dalem jumenengan Sinuhun Pakubuwana Surakarta. Jadi tarian ini tidak sembarangan dipertunjukkan.

Baca Juga: Pelamar PPPK Guru Kemdikbud 2023 Kategori THK II Wajib Tahu, Jadwal Pendaftaran Diperpanjang, Sampai Kapan?

Berdasarkan informasi yang didapatkan tim BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 30 September 2023, ternyata Tari Bedhaya Ketawang ini memiliki sejarah dan asal-usul kata.

Menurut istilahnya, Tari Bedhaya Ketawang berasal dari kata Bedhaya yang berarti penari wanita dalam istana dan Ketawang berarti langit atau sesuatu yang tinggi dan luhur.

Sehingga Tari Bedhaya Ketawang artinya adalah karya seni tari yang memiliki nilai luhur, sakral dan suci.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah