BLT BBM Cair November 2022, Cek Segera Keterangan Ini

- 7 November 2022, 16:19 WIB
Keterangan resmi dari kemenkeu terkait bbm tahap 2 yang cair pada bulan November 2022, diketahui KPM akan mendapat Rp300.000
Keterangan resmi dari kemenkeu terkait bbm tahap 2 yang cair pada bulan November 2022, diketahui KPM akan mendapat Rp300.000 /PEXELS/@Ahsanjaya



BERITASOLORAYA.com - BLT BBM tahap 2 direncanakan cair pada bulan November 2022 ini.

Diketahui pemerintah akan berencana menyalurkan BLT BBM ini secara bertahap pada periode September hingga Desember 2022, yang berarti bulan November ini akan juga cair.

Adanya BLT BBM ini dipicu karena kenaikan BBM beberapa waktu lalu, pemerintah menyebut untuk ingin meringankan beban masyarakat atas tekanan berbagai kenaikan harga secara global.

Baca Juga: Tips Wawancara PPG Prajabatan 2022, Catat dan Praktikkan!

Maka dari itu, dengan tujuan penerima yaitu masyarakat prasejahtera, pemerinta memberikan BLT BBM mulai pada September lalu.

Sasaran penerima BLT BBM ini ditujukan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat program sembako dan program keluarga harapan.

Besaran nominal yang diberikan pemerintah untuk membantu meringankan beban masyarakat prasejahtera adalah sebesar Rp150.000 per bulan.

Dengan total jumlah bantuan BLT BBM selama 4 bulan (September hingga Desember) sebesar Rp600.000.

Baca Juga: Tidak Disangka, Suga Beberkan Kebiasaan Tidur V BTS yang Unik, Ternyata Bikin Ngakak

Penyaluran dijadwalkan selama 2 kali, yaitu pada bulan September dan November sebesar Rp300.000 melalui PT Pos Indonesia dan Himbara.

BLT BBM yang akan cair bulan November adalah penyaluran BLT BBM tahap II untuk bulan November dan Desember, sesuai yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Kementerian Keuangan.

Keterangan mengenai BLT BBM ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwa.

Baca Juga: Ketahui Daftar Perguruan Tinggi Penyelenggara PPG, Berikut Informasi Penundaan Jadwal Pengumuman Hasil UKMPPG

"September-Oktober ini sudah disalurkan sebanyak Rp300 ribu per keluarga. Nanti Bulan November akan disalurkan yang kedua.." ungkap Isa

Isa menyampaikan update mengenai penyaluran bansos BLT BBM secara resmi pada 30 September lalu.

"Rp300 ribu lagi. Jadi totalnya sampai dengan akhir tahun ini Rp600 ribu untuk penerimanya tadi 20,65 juta KPM" lanjutnya.

Baca Juga: Peringati 10 November, Presiden Joko Widodo Anugerahi Gelar Pahlawan Nasional Kepada 5 Tokoh Hari Ini

Maka dari itu, siap-siap untuk cek bansos BLT BBM yang akan cair pada bulan November ini dengan mengunjungi laman ini.

Isa juga menyampaikan bahwa tujuan dari penyaluran dana BLT BBM ini adalah untuk meringankan beban ekonomi warga prasejahtera serta menjaga daya beli.

Hal ini dilakukan sebagai tindakan responsif atas naiknya BBM beberapa waktu lalu.

Isa juga menyampaikan bahwa BLT BBM yang sudah tersalurkan adalah sebesar Rp6,2 triliun, atau sebesar 50% dari jumlah anggaran, yaitu Rp12,39 triliun.

Baca Juga: Jadwal Pengumuman Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) Periode IV Tahun 2022 Ditunda, Kenapa?

"Jadi saat ini yang sudah tersalurkan itu Rp6,2 triliun" terang Isa kepada media.

Kebijakan penerima BLT BBM ditujukan bagi puluhan juta keluarga prasejahtera, dengan nominal sebesar Rp150.000 per bulan.

Penyaluran BLT BBM tahap 1 dilaksanakan pada bulan September 2022 untuk dua bulan yaitu September dan Oktober 2022 sebesar Rp300.000.

Itulah informasi resmi yang ada di laman Kementerian Keuangan terkait cairnya BLT BBM tahap 2 pada bulan November ini.

Baca Juga: Rilis Siaran Pers Seleksi Penerimaan PPPK Tenaga Kesehatan dari BKN, Ada Persyaratan Umum dan Khususnya

Semoga bermanfaat.***

Editor: Maulida Cindy Magdalena

Sumber: kemenkeu.go.id kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x