Harga Beras Naik, Tingkat Inflasi Ikut Naik. Ini Penyebabnya...

- 20 Februari 2023, 19:49 WIB
Kenaikan harga beras sudah terjadi sejak Agustus tahun kemarin, kemudian terus meningkat sampai Februari 2023 ini. Naiknya harga beras tersebut juga diiringi dengan tingkat inflasi yang juga mengalami kenaikan.
Kenaikan harga beras sudah terjadi sejak Agustus tahun kemarin, kemudian terus meningkat sampai Februari 2023 ini. Naiknya harga beras tersebut juga diiringi dengan tingkat inflasi yang juga mengalami kenaikan. /Jcomp

BERITASOLORAYA.com - Kenaikan harga beras sudah terjadi sejak Agustus tahun lalu, kemudian terus meningkat sampai Februari 2023 ini. Naiknya harga beras tersebut juga diiringi dengan tingkat inflasi yang juga mengalami kenaikan.

Dilansir dari website resmi Badan Pusat Statistik (BPS), kabar inflasi yang mengalami kenaikan disebabkan oleh banyak hal. Seperti naiknya pengeluaran masyarakat untuk membeli bahan makanan, terutama beras.

Data BPS menunjukkan harga beras bulan Agustus dibanderol dengan harga Rp11.555, kemudian bulan November naik lagi mencapai Rp11.877 per kilogram.

Baca Juga: Info Rekrutmen CASN 2023, Honorer Wajib Tahu, Menteri PANRB Singgung Formasi!

Kenaikan harga beras tersebut terus berlanjut dengan harga paling tinggi mencapai Rp16.000 per Kilogram di daerah Kotabaru per 2 Februari 2023.

Beras merupakan komoditas utama yang paling krusial karena dijadikan makanan pokok orang Indonesia. Presiden Jokowi juga mengakui bahwa kenaikan harga beras sudah terjadi rata seluruh daerah di Indonesia.

Pemerintah sudah mengupayakan berbagai cara untuk menekan kenaikan harga beras, seperti melakukan operasi pasar.

Baca Juga: Menpan RB: CPNS 2023 Akan Dibuka untuk Umum. Siapkan Berkas yang DIbutuhkan dari Sekarang!

Operasi pasar tersebut ternyata tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap upaya pemerintah untuk menurunkan harga beras.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x