Kaya Berjamaah, Laporan INAMPA Sebut Potensi Ekonomi Kemaritiman Indonesia Capai Rp18.000 Triliun per Tahun

- 1 Maret 2023, 10:28 WIB
Ilustrasi kemaritiman Indonesia
Ilustrasi kemaritiman Indonesia /PIXABAY/agus santoso

 

BERITASOLORAYA.com – Pasoroan Herman Harianja selaku President Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) mengatakan potensi ekonomi kemaritiman di Indonesia dari 11 sektor mempunyai nilai ekonomi sebesar Rp18.000 triliun lebih per tahun.

“Potensi sektor kemaritiman Indonesia sangat besar, karena itu pemerintah menargetkan Indonesia di masa depan menjadi poros maritim dunia,” kata Herman di sela kunjungannya ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia juga mengungkapkan bahwa selain potensi ekonomi kemaritiman, masih ada bisnis logistik yang jumlahnya sangat potensial, yaitu senilai Rp2.500 triliun per tahun.

Baca Juga: Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Aceh Minta Pelaporan Dana BOS Jangan Dimanipulasi

“Karena itu, tentu membutuhkan sistem transportasi laut yang andal untuk kegiatan bisnis tersebut,” ujar petinggi INAMPA tersebut.

 

Disebutkan Herman, abad 21 merupakan ‘milik’ Asia Pasifik, serta pusat bisnis akan terus berkembang utamanya di sektor bisnis kemaritiman.

Upaya untuk mencapai tujuan tersebut, Herman mengungkapkan perlu ditunjang penguatan infrastruktur, suprastruktur, serta sistem dan teknologi informasi yang sifatnya sangat vital.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: Kominfo ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x