Pahami Apa Itu Saham agar Bijak Berinvestasi, Simak Penjelasa Berikut

- 7 Maret 2023, 21:35 WIB
Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menarik. Kenali dan pahami sebelum membelinya. Simak penjelasan berikut ini.
Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang menarik. Kenali dan pahami sebelum membelinya. Simak penjelasan berikut ini. /drobotdean

BERITASOLORAYA.com - Saham adalah surat bukti yang memberikan hak kepada pemiliknya atas proporsi aset dan keuntungan perusahaan yang sama dengan berapa banyak saham yang mereka miliki.

Dalam bahasa awam, saham berarti bukti kepemilikan nilai atas suatu perusahaan.

Saham dibeli dan dijual di bursa saham dan merupakan dasar dari banyak portofolio investor individu. Perdagangan saham harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang dimaksudkan untuk melindungi investor dari praktik penipuan.

Baca Juga: Nabung Emas bisa Lewat Tokopedia loh! Mau? Simak Caranya di Sini

Perlu diketahui, saham merupakan  bentuk keamanan yang menunjukkan pemegangnya memiliki kepemilikan proporsional di perusahaan penerbit dan dijual secara dominan di bursa saham.

Perusahaan menerbitkan saham untuk mengumpulkan dana guna menjalankan bisnis mereka. Jadi, sebagai pemegang saham kita bisa disebut sebagai investor dari perusahaan yang kita beli sahamnya.

Pemegang saham dianggap sebagai pemilik perusahaan penerbit, ditentukan oleh jumlah saham yang dimiliki investor relatif terhadap jumlah saham yang beredar.

Baca Juga: Gudang Prestasi! Cek 15 SMP Terbaik di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah versi Kemdikbud, Ada Sekolahmu?

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x