Mulai Investasi Saham di Pasar Modal, Ini yang Perlu Anda Tahu sebagai Calon Investor

- 8 Maret 2023, 11:49 WIB
Ilustrasi pasar modal
Ilustrasi pasar modal /

 

BERITASOLORAYA.com – Banyak orang yang sering mendengar frasa investasi saham. Selain frasa ini, banyak juga yang mendengar tentang pasar modal. Apa yang dimaksud investasi saham dan pasar modal itu sendiri?

Investasi saham adalah jenis instrumen investasi yang bisa ditemukan di pasar modal. Investasi ini bermula ketika ada satu perusahaan yang menjual sahamnya di pasar modal. Saham itu kemudian diperdagangkan dan bisa dimiliki oleh publik.

Jika Anda sebagai calon investor saham ingin ikut memiliki atau membeli saham, hal yang perlu Anda lakukan adalah mengakses pasar modal.

Baca Juga: Kemdikbud Umumkan Lebih dari 3 Ribu Pelamar P1 Batal Peroleh Penempatan ASN PPPK Guru 2022, Cek Daftar Namanya

Indonesia memiliki pasar modal yang disebut dengan Bursa Efek Indonesia atau BEI. BEI juga memiliki nama lain yang populer di kalangan pelaku pasar, yaitu Indonesia Stock Exchange atau IDX.

Sebuah perusahaan yang menerbitkan saham dan menjualnya ke pasar modal bertujuan untuk mengumpulkan dana dan membiayai kebutuhan operasional dan pengembangan perusahaan.

Ketika saham perusahaan sudah beredar di pasar modal, lalu Anda membelinya, maka sebagai pembeli saham Anda disebut sebagai investor saham. Investor memiliki kesempatan mendapatkan imbal hasil investasi dari perusahaan tersebut.

Baca Juga: Investor Wajib Tahu, Dua Jenis Saham untuk Investasi di Pasar Modal, Apa Saja?

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x