Dilanda Ancaman Resesi Global, BSKDN Kemendagri Rutin Lakukan Penilaian Kualitas IID untuk…

- 7 Mei 2023, 16:12 WIB
Ilustrasi resesi global.
Ilustrasi resesi global. /Freepik/

BERITASOLORAYA.com - Dalam upaya mengatasi ancaman resesi global, Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) rutin setiap tahun melakukan penilaian kualitas Indeks Inovasi Daerah (IID). Penilaian kualitas IID diharapkan BSKDN Kemendagri dapat meredam ancaman resesi global sekaligus meningkatkan inovasi daerah sebagai budaya.

Dalam melakukan penilaian kualitas IID, BSKDN Kemendagri juga memberikan penghargaan bagi nominator terinovatif dari daerah-daerah yang dinilai melalui Innovative Government Award.

“Dalam pelaksanaan pengukuran Indeks Inovasi Daerah, BSKDN Kemendagri melaksanakan IGA (Innovative Government Award) setiap tahun dan memberikan penghargaan kepada daerah yang terinovatif,” ujar Yusharto Huntoyung, Kepala BSKDN Kemendagri pada Minggu, 7 Mei 2023 di Jakarta.

Baca Juga: Menuju PPPK 2023, Pengurus IDTN Kemenag Jawa Timur Minta Afirmasi Khusus bagi Dosen Non PNS

Yusharto Huntoyung menjelaskan bahwa penilaian IID hingga pelaksanaan IGA merupakan rangkaian usaha yang dilakukan guna meningkatkan angka Indeks Inovasi Global Indonesia.

Dengan peningkatan Indeks Inovasi Global yang diperoleh Indonesia, Yusharto mengharapkan bisa membantu mencegah ancaman resesi global.

Konsistensi setiap daerah dalam inovasi diharapkan tetap terjaga untuk meningkatkan budaya inovasi, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik di setiap daerah dapat terjadi.

Selain pemberian penghargaan bagi para nominator berdasarkan penilaian IID, pihak BSKDN Kemendagri juga memberikan pembinaan intens kepada daerah-daerah yang kurang inovatif secara langsung dengan fasilitas dan asistensi pembinaan inovasi.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x