Pengambilan Bansos Sembako PKH Kini Dipermudah PT Pos Indonesia, Cek Metode Penyalurannya

- 20 Mei 2023, 07:11 WIB
Ilustrasi penyaluran bansos PKH
Ilustrasi penyaluran bansos PKH /ANTARA/
 
BERITASOLORAYA.com - Pengambilan Bantuan Sosial Sembako Program Keluarga Harapan (bansos sembako PKH) untuk masyarakat Indonesia kini telah dipermudah oleh PT Pos Indonesia. Pasalnya, Bantuan Sosial sembako Program Keluarga Harapan (bansos sembako PKH) untuk masyarakat saat ini dapat diambil melalui kantor pos di seluruh tanah air bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima.

Upaya dimudahkannya pengambilan Bantuan Sosial sembako Program Keluarga Harapan (bansos sembako PKH) untuk masyarakat sebagaimana keterangan dari PT Pos Indonesia di Jakarta.

"Kita membuka layanan pada hari libur tentunya agar masyarakat secara umum tidak kesulitan dalam memanfaatkan layanan pos khususnya juga para penerima bantuan sosial," kata Ketua Satgas Bansos PT Pos Indonesia Hendra Sari saat meninjau penyaluran bansos di KCU Malang, Jawa Timur.
 
Baca Juga: PPDB DKI Jakarta Jenjang SMP Dimulai, Berikut Layanan Informasi dan Lokasi Posko di 6 Wilayah Administrasi

Sementara itu, di Malang di Kantor Pos Cabang Utama telah menyalurkan bansos secara maksimal, cepat, bisa dipertanggungjawabkan dan juga tepat.

Atas pelayanan yang maksimal tersebut, tidak ada alasan bagi masyarakat Malang yang menerima merasa kesulitan untuk mendapatkan dana bantuan bansos sembako PKH.

Di KCU Malang juga melaksanakan arahan dari pusat untuk memaksimalkan penyaluran bansos sembako PKH dengan memperpanjang jam layanan, menambah hari jasa layanan dan juga menambah petugasnya.

Layanan pada hari libur dibuka untuk masyarakat umum agar tidak ada kesulitan dalam memanfaatkan layanan pos, terutama untuk penerima bansos sembako PKH sebagaimana yang ditegaskan oleh Akhmad Ridwan selaku Executive GM Pos Indonesia KCU Malang, Jawa Timur.

 
Baca Juga: Bingung Cari Caption Hari Kebangkitan Nasional? Inilah 10 Kutipan Pahlawan Indonesia yang Bisa Digunakan

Metode penyaluran bansos akan digunakan oleh KCU Malang, dengan tiga metode yaitu:
 
- Pertama, mengundang kelompok penerima manfaat (KPM) ke Kantor Pos yang terdekat.
 
- Kedua, mendatangi suatu komunitas.
 
- Ketiga, melakukan pembayaran secara langsung ke rumah KPM atau disebut dengan door to door.
 

Sejauh ini, hingga pada tanggal 14 Mei tahun 2023 total alokasi bansos sekitar 13 ribu KPM di Malang dan sudah dituntaskan sebanyak 63%, sebagian besar sisanya lantaran Pos Indonesia harus menunggu dari proses Pilkades secara serentak di Kabupaten Malang.

"Nanti selesai di tanggal 15 sehingga tanggal 16 (Selasa) kita melanjutkan penyaluran," katanya.

Penyaluran bansos sembako PKH, salah satu warga Malang mengaku telah terbantu dan juga dapat diambil pada hari libur.

Hal itu memudahkan untuk buruh pabrik yang tidak perlu izin saat mengambil bansos, karena pada hari libur kantor pos juga melayani pengambilan, sehingga prosesnya teratur dan mudah.***

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x