Tren Realisasi KUR Capai 126,3 Triliun hingga 31 Juli, Ini Komentar Airlangga Hartarto

- 11 Agustus 2023, 07:38 WIB
Ilustrasi Airlangga Hartarto menjelaskan tren positif dari KUR
Ilustrasi Airlangga Hartarto menjelaskan tren positif dari KUR / Instagram airlanggahartarto_official/

BERITASOLORAYA.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan jika tren realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR di tahun 2023 ini tergolong positif. Airlangga Hartarto dalam konferensi pers penganugerahan KUR Awards menambahkan jika realisasi KUR telah mencapai Rp126,3 triliun hingga 31 Juli 2023 lalu.

 

Dari nominal Rp126,3 triliun, terdapat pagu target KUR sebesar Rp297 triliun yang telah tersalurkan kepada sekitar 2,3 juta debitur di berbagai wilayah Indonesia.

​​​​​​Jumlah itu termasuk juga capaian KUR produksi dengan seba tercatat sejumlah 55,4 persen, serta adanya graduasi sebesar 52 persen.

Baca Juga: RUU ASN JADI SENJATA PAMUNGKAS TUNTASKAN TENAGA HONORER 2023, Apa Saja Isi Regulasinya? Kata Kemenpan RB....

“Penyaluran KUR sekarang sedang dalam tren positif di tahun ini sampai 31 Juli sebesar Rp126,3 triliun kepada 2,3 juta debitur, dengan NPL terjaga di 1,63 persen,” kata Menko Airlangga Hartarto di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023.

Menko melanjutkan, penyaluran KUR kepada masyarakat tersebut juga turut berkontribusi pada angka pertumbuhan ekonomi nasional yang telah dirilis BPS kemarin.

Pertumbuhan penyaluran kredit terdeteksi mengalami peningkatan sebesar 9,39 persen, dengan kredit yang khusus bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) meningkat sebesar 7,61 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu (yoy).

Ia mengatakan jika pihaknya akan terus memantau kebutuhan atas perubahan plafon KUR yang tergantung dengan indikator subsidi bunga.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah