MASIH SERING KELIRU, Apa Itu Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja? Cek Perbedaan Keduanya Disini

- 22 Agustus 2023, 14:34 WIB
Masih sering keliru cek perbedaan kredit modal kerja dan kredit investasi
Masih sering keliru cek perbedaan kredit modal kerja dan kredit investasi /freepik.com/@drobotdean/

BERITASOLORAYA.com – Berikut ini adalah artikel tentang masih sering keliru, ap aitu kredit investasi dan kredit modal kerja. Cek perbedaan keduanya dalam penjelasan berikut ini.

Selama ini masih banyak masyarakat yang bingung atau sulit membedakan ap aitu kredit investasi dan kredit modal kerja. Bagi Anda pelaku usaha wjaib banget tahu dan paham tentang kredit investasi dan kredit modal kerja baik secara fungsi, manfaat, dan pengertian dari jenis kredit tersebut.

Kredit modal kerja adalah kredit atau pinjaman uang yang diberikan oleh bank bagi pelaku usaha dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Kredit modal kerja sering disebut sebagai kredit tambahan modal usaha terutama bagi pelaku usaha yang baru merintis bisnis.

Baca Juga: RESMI DARI BKN, Begini Cara Perhitungan Angka Kredit Bagi 4 Golongan PNS untuk Kenaikan Jabatan

Proses membuka bisnis baru atau merintis bisnis baru tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, mungkin modal yang selama ini dimiliki belum cukup untuk cashflow sebuah bisnis. Oleh karena itu muncul kredit modal kerja untuk mencukupi kebutuhan usaha.

Berbeda dengan kredit modal kerja, lalu apa yang dimaksud dengan kredit investasi? Kredit investasi adalah pinjaman uang yang diberikan pada pelaku usaha untuk mengembangkan sektor bisnis yang sudah dimiliki agar memiliki jaringan lebih luas lagi.
Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, ada 3 hal perbedaan mendasar dari kredit modal kerja dan kredit investasi.

Berikut 3 Perbedaan Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi:

1. Waktu Pinjaman

Hal pertama yang menjadi perbedaan kredit investasi dengan kredit modal kerja terletak pada waktu pinjaman atau tenor.

Khusus untuk kredit modal kerja umumnya waktu pinjaman tidak terlalu lama berkisar antara kurun waktu 3 sampai 5 tahun. Bahkan beberapa kredit modal kerja ada yang memiliki waktu pinjaman atau tenor 1 tahun saja.

Berbeda dengan kredit modal kerja kredit investasi umumnya memiliki masa pinjaman yang cukup panjang antara 10 sampai 15 tahun, minimal 5 tahun. Kenapa waktu untuk kredit investasi lebih lama? Hal ini karena yang akan dibangun bukanlah membuat bisnis baru melainkan mengembangkan bisnis yang sudah ada tentu ini membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah