Apa Itu Kredit Skor Sebagai Pengganti Agunan KUR? Berikut Fungsi dan 3 Cara Cek KS Sebelum Ajukan KUR

- 1 September 2023, 12:18 WIB
Apa itu kredit skor sebagai pengganti agunan saat pengajuan KUR, simak info lengkapnya disini
Apa itu kredit skor sebagai pengganti agunan saat pengajuan KUR, simak info lengkapnya disini /Pexels/Anna Shvets/

BERITASOLORAYA.com – Berikut adalah informasi tentang apa itu kredit skor sebaga ipengganti agunan KUR. Berikut fungsi dan 3 cara cek kredit skor sebelum mengajukan KUR.

Belum lama ini dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI ke XVIII di BSD Tangerang, Kamis, 31 Agustus 2023, Presiden Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk mendorong OJK dan BI menyalurkan KUR tanpa jaminan apapun.

Alih-alih KUR dengan jaminan atau agunan, Presiden Jokowi ingin pihan perbankan menggunakan kredit skor untuk proses pengajuan KUR. Nah, bagi pelaku usaha atau calon pengusaha yang belum terlalu paham tentang apa itu kredit skor, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Pelaku Usaha Wajib Tahu! Kenali 3 Perbedaan Kredit Modal Kerja dan Kredit Investasi, Sebelum Mengajukan KUR

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, istilah kredit skor adalah suatu indikator yang digunakan untuk menggambarkan resiko kredit calon debitur. Jika skor kredit Anda semakin tinggi maka semakin rendah resiko kreditnya.

Jika resiko kredit makin rendah maka makin mudah pula Anda mengajukan KUR. Namun jika nilai skor kredit Anda rendah berarti resiko kredit Anda cukup tinggi maka pihak bank akan meninjau dan evaluasi ulang apakah Anda bisa mengajukan KUR atau tidak.

Kriteria kredit skor sebenarnya dilihat dari berbagai aspek seperti status perkawinan, usia, pekerjaan, jabatan dan masa kerja. Ketika Anda akan mengajukan kredit, pihak bank akan melihat berbagai aspek tersebut untuk penilaian.

Pihak bank juga akan melihat riwayat berapa kali Anda pernah mengajukan kredit, berapa beban kredit yang diajukan, pernahkah menunggak kredit atau tidak. Semua itu akan jadi bahan pertimbangan sebelum memberikan KUR.

Lalu apa sebenarnya fungsi kredit skor ini, ada 3 fungsi kredit skor yaitu:

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah