SIMAK! Dua Cara Cek Penerima BLT El Nino, Keluarga Penerima Manfaat Wajib Tahu

- 21 Desember 2023, 21:15 WIB
Dua Cara untuk Mengecek Penerima BLT El Nino
Dua Cara untuk Mengecek Penerima BLT El Nino /Pexels.com/@ahsanjaya/

 

BERITASOLORAYA.com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino telah diberikan oleh pemerintah di bulan Desember 2023. BLT El Nino diberikan kepada warga yang terdampak fenomena El Nino.

Pemberian BLT El Nino diberikan kepada keluarga penerima manfaat sebesar Rp400.000. Program bantuan sosial ini berlangsung selama dua bulan, yakni November dan Desember. Penyaluran bantuan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Khusus penerima BLT, pemerintah telah menetapkan sebanyak Rp18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), yakni penerima sembako. Sedangkan penerima bantuan beras sebanyak 21,3 juta KPM yang terdiri penerima sembako dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga: KABAR BAIK, Menteri PANRB Targetkan 1 Juta Guru PPPK Saat Rekrutmen ASN 2024, Simak Selengkapnya

Program BLT akan diberikan oleh Kementerian Sosial kepada masyarakat, sedangkan program bantuan beras diberikan oleh Badan Pangan Nasional. Penyaluran BLT El Nino 2023 akan dilakukan melalui transfer langsung ke rekening masing-masing penerima.

Untuk mengetahui apakah mendapat bantuan El Nino atau tidak, maka bisa dilakukan pengecekan secara daring. Bagi yang ingin mengecek daftar penerima BLT El Nino dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui laman Kemensos dan aplikasi cek bansos.

Terdapat perbedaan cara antara melakukan pengecekan dengan laman Kemensos dan aplikasi cek bansos. Agar dapat mengetahui panduan yang benar mengenai pengecekan bantuan sosial ini, disarankan untuk memahami petunjuk berikut.

1. Laman cekbansos.kemensos.go.id

Pengecekan bantuan sosial El Nino dapat dilakukan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Cara mengecek BLT El Nino melalui website Kemensos adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina

Sumber: Indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x