Ini Dia 13 Ide Bisnis Digital yang Bakal Mendulang Cuan pada 2024, Simak Ulasannya di Sini

- 26 Desember 2023, 19:33 WIB
Ilustrasi bisnis digital
Ilustrasi bisnis digital /Tumisu/Pixabay

 

 
BERITASOLORAYA.com – Saat ini media digital kian melaju pesat. Bagi anak muda, media digital bahkan tidak lepas dari kehidupan sosial mereka.

Berkembangnya media digital bisa dimanfaatkan untuk mendulang cuan atau uang. Bisnis apa saya yang bisa mendulang cuan pada 2024 dengan media digital? Berikut ulasannya.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman ukmindonesia.id, Selasa 26 Desember 2023, berikut ini 13 ide bisnis digital yang dapat mendulang cuan pada 2024.
 
 
Saat ini, adanya kemajuan teknologi membuat seseorang tidak perlu membuka toko offline. Cukup dengan sebuah ruangan seukuran kamar tidur, sudah bisa membuka sebuah toko online di rumah.

Ruangan tidur tersebut bisa disulap menjadi sebuah studio kecil yang dilengkapi dengan kamera, kaca, pencahayaan, dan beberapa produk baju yang digantung untuk membuat konten dan foto yang menarik pembeli.

2. Reseller atau Dropshipper
 
Tingginya pengguna internet dan konsumen e-commerce membuat peluang menjadi seorang reseller atau dropshipper masih menjanjikan di tahun 2024.

Tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak, cukup memiliki sebuah toko online dan mencari mitra untuk supplier produk. Modal utama yang dibutuhkan adalah komunikasi dan promosi toko.
 
 
3. Pelatihan Online dan Kelas Konsultasi
 
Bagi yang memiliki latar belakang pendidikan sebagai pengajar baik formal maupun informal, kelas konsultasi dan pelatihan online cocok dijadikan sebuah usaha.

Contohnya bimbingan belajar, pelatihan soft skills, kelas kesehatan, bahkan pelatihan bisnis digital.

4. Afiliator dan Jasa Pembuatan Konten
 
Bagi yang memiliki kreativitas tinggi dalam pembuatan konten, kemampuan itu bisa dijadikan ladang bisnis.

Pembuatan konten bisa memanfaatkan Instagram, YouTube, atau TikTok untuk mempromosikan sebuah produk dari mitra yang bekerja sama. Langkah awal menjadi afiliator adalah branding diri sendiri.
 
 
Saat ini layanan keuangan digital juga diminati karena efisien, mudah diakses dan menghemat waktu. Misalnya pembayaran digital, perbankan digital, investasi, tabungan digital dan pembiayaan usaha.

Bagi yang ingin membuka usaha ini, yang penting adalah pengetahuan tentang regulasi pemerintah dalam layanan keuangan digital agar aman dan dipercaya konsumen.

6. Undangan Digital
 
Bisnis undangan digital juga banyak diminati karena perusahaan atau seseorang tidak perlu mengirimkan undangan secara fisik. Peluang bisnis ini masih tinggi karena informasi dapat tersebar luas hanya dengan satu undangan digital.

 
7. Jasa Keamanan Cyber
 
Apabila memiliki latar belakang pelatihan atau pendidikan IT, bisa membuka bisnis jasa keamanan cyber. Bisnis ini masih berpeluang besar karena masih sedikit orang yang menggelutinya.

8. Penerbitan Buku Online atau E-Book
 
Banyak pengguna internet memilih membaca buku melalui smartphone mereka karena lebih praktis. Jasa pembuatan e-book masih banyak diminati karena lebih efisien dan bisa menjaring lebih banyak pembaca.

9. Digital Marketing
 
Bisnis pemasaran digital hampir sama dengan bisnis konten kreator. Bisnis ini masih sangat menjanjikan karena masyarakat kini kian beralih ke media digital.
 
Baca Juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru Kabupaten Banjarnegara Tahun 2023, Lengkap Buku Panduan!

Bahkan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan promosi digital mampu meningkatkan penjualan pelaku usaha sebesar 35 persen. Bisnis ini sangat cocok di tahun depan karena bisa memanfaatkan momentum pemilu 2024.

10. Penulis atau Penerjemah
 
Semakin pesatnya dunia digital, semakin banyak pula perusahaan yang membutuhkan penulis untuk website dan blog untuk media sosial mereka. Pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja karena modal utama adalah kemampuan menulis dan penerjemah.

11. Infrastruktur Internet
 
Apabila memiliki modal yang cukup besar, membuat usaha penyediaan layanan internet bisa sangat menguntungkan karena pengguna internet semakin tinggi.
 
Baca Juga: Cek Fakta Pembatalan Kelulusan PPPK Tahun 2023

12. Jasa Pembuatan dan Pengembang Website serta Aplikasi Mobile
 
Saat ini banyak perusahaan atau perorangan yang ingin membuat website yang bisa diakses melalui smartphone untuk meningkatkan brand agar terlihat profesional. Untuk itu, bisnis ini masih menjanjikan pada 2024.

13. Menjual Foto dan Video Berlisensi
 
Mempunyai hobi foto atau membuat video? Jual saja karya tersebut di platform iStock Photo, Adobe Stock, Shutterstock, atau Capcut. Yang perlu diperhatikan adalah aturan penjualan foto dan video sehingga bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Meskipun terlihat simpel, berbagai usaha itu juga memerlukan persiapan agar bisnis bisa berjalan maksimal. Berikut beberapa persiapan untuk membuka bisnis digital:
 
 
Niche adalah fokus bisnis. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah kemampuan membaca peluang pasar. Mengetahui kemampuan diri sendiri juga diperlukan agar usaha dapat berjalan lancar.

• Pengembangan
 
Pengembangan bisnis digital bisa diamati sejak awal. Pengembangan dalam hal pemasaran digital juga perlu ditingkatkan agar bisnis bisa semakin besar.
 
Di antaranya menambah produk layanan, inovasi, meningkatkan digital marketing melalui teknologi, serta media sosial.
 
 
Setelah melakukan branding, selanjutnya perlu dipikirkan pengembangan untuk meningkatkan transaksi penjualan. Memiliki media sosial dan website yang menarik menjadi sangat penting untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen.

Itulah ulasan bisnis digital yang menjanjikan pada 2024. Perlu diketahui bahwa semua bisnis memiliki tantangan tersendiri. Hal terpenting adalah memahami regulasi dan literasi digital sebelum memulai bisnis agar tidak terbentur dengan aturan dari pemerintah.***

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x