Pemberdayaan Ekonomi Lokal: ASN Wajib Gunakan Produk UMKM

- 2 Januari 2024, 16:30 WIB
Pemberdayaan Ekonomi Lokal: ASN Wajib Menggunakan UMKM?
Pemberdayaan Ekonomi Lokal: ASN Wajib Menggunakan UMKM? /pexels.com/@denniz-futalan/

BERITASOLORAYA.com – Pada era teknologi yang berkembang semakin masif saat ini membuat kemajuan dari berbagai sektor juga bergerak unggul.

Salah satunya ialah pada bidang ekonomi yaitu dengan adanya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, pertanyaan yang seringkali muncul dimasyarakat adalah perananan ASN untuk mendukung UMKM ini.

Dalam beberapa tahun belakangan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) banyak membantu sebagai sumber pendapatan ekonomi lokal. Pemberdayaan UMKM dapat meningkatkan distribusi pendapatan dalam hal untuk mengurangi kesenjangan atau disparitas ekonomi.

Baca Juga: Selamat, Inilah Daftar Nama Honorer yang Diangkat PPPK di Kemenag Gunungkidul, Hari Ini Terima SPT

Sehingga, Aparatur Sipil Negara (ASN) diharapkan dapat berperan aktif untuk mendukung kemajuan UMKM ini.

Hal ini mengingat Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki peranan yang sangat vital dalam pelayanan administrasi publik. Keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung, menggunakan maupun mempromosikan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan langkah yang sangat baik dan positif.

Penggunaan produk hasil karya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat membantu untuk memberikan dukungan secara nyata. Dalam artian, hal ini tidak hanya berdampak pada dukungan finansial, tapi juga memberikan dampak kemajuan pada bidang ekonomi.

Walaupun konsep penggunaan barang UMKM untuk ASN ini merupakan langkah positif, tetap saja menimbulkan tantangan atau ada saja pihak yang kontra. Beberapa ASN saat ini, dengan ekonomi yang lebih baik mungkin saja akan lebih memilih untuk menggunakan barang ataupun produk branded dibandingkan UMKM.

Oleh karena itu, tentunya pemerintah turut mengambil langkah tegas untuk menyikapi hal ini. Situasi ini perlu disikapi lebih lanjut untuk memajukan pendapatan ekonomi daerah dengan mengarahkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan produk UMKM secara holistik.

Beberapa pemerintah daerah telah mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja dibawah instansi pemerintahan Kota/Kabupatennya untuk menggunakan produk UMKM demi meningkatkan perekonomian lokal.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x