Harga Item Komoditas Bahan Pokok di Papua Barat Mahal, Daging Sapi hingga 150 Ribu Rupiah?

- 11 Januari 2024, 06:41 WIB
Ilustrasi harga bahan pokok di Papua Barat
Ilustrasi harga bahan pokok di Papua Barat /Stephanie_Ev/pixabay

BERITASOLORAYA.com – Papua Barat merupakan provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak keberagaman nusantara. Selain itu, ternyata Provinsi Papua Barat memiliki fakta unik terkait harga komoditas bahan pokok.

Fakta unik tersebut adalah kenyataan bahwa harga bahan pokok di Provinsi Papua Barat ternyata memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui berbagai sumber pada tanggal 11 Januari 2024, menuliskan bahwa harga bahan pokok di Provinsi Papua Barat cenderung mahal bahkan, jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga: Verifikasi Ijazah Jadi Syarat Guru Honorer Diangkat Menjadi PPPK 2024, Simak Poin Pentingnya...

Salah satu bahan pokok yang memiliki harga cukup mahal adalah daging sapi paha belakang.

Biasanya daging sapi paha belakang memiliki harga kisaran Rp120.000-Rp135.000 di beberapa daerah Indonesia lainnya. Namun, di Provinsi Papua Barat harga daging sapi paha belakang jauh melambung tinggi yaitu Rp150.000.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mahalnya harga komoditas bahan pokok di Provinsi Papua Barat. Diantaranya yaitu faktor geografis maupun biaya transportasi yang tinggi disebabkan oleh kesulitan akses untuk mencapai daerah-daerah tertentu.

Hal tersebut menyebabkan distribusi barang dari pusat produksi ke Provinsi Papua Barat tentu akan berbeda. Sehingga biaya logistik yang diperlukan juga akan meningkat.

Baca Juga: Guru Honorer Dapat Jatah Banyak di Seleksi PPPK 2024, Status P1 Bagaimana?

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x