2024 Jadi Tahun Pemilu Terbesar di Dunia, Berikut 64 Negara yang Menyelenggarakan Proses Pemilihan Presiden

- 16 Februari 2024, 05:19 WIB
2024 jadii tahun pemilu dunia di beberapa negara, berikut 64 daftar negara yang mengadakan proses pemilu
2024 jadii tahun pemilu dunia di beberapa negara, berikut 64 daftar negara yang mengadakan proses pemilu /freepik.com/@ededchechine/

BERITASOLORAYA.com - Berikut adalah artikel tentang 2024 jadi tahun pemilu terbesar di dunia, berikut 64 negara yang menyelenggarakan proses pemilihan presiden dan perdana menteri sampai lembaga legislatif tahun ini.

Tahun 2024 menjadi tahun pemilihan umum (pemilu) terbesar di Dunia. Ada 64 negara yang menyelenggarakan Pemilihan Presiden, perdana menteri hingga lembaga legislatif pada tahun 2024 ini. Jumlah pemilih negara tersebut setara dengan 49% total populasi dunia.

Hingga Februari ini, terdapat 9 negara yang telah menyelenggarakan pemilu antara lain Bangladesh, Taiwan, Pakistan dan Indonesia, Finlandia, Azerbaijan, El Savador, Komoro dan Tuvalu.

Sejumlah konflik, teror hingga aksi protes masih mewarnai lanskap politik di beberapa negara.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman Time, di Bangladesh, pemilu memenangkan perdana menteri Sheikh Hasina dari partai Liga Awami untuk keempat kalinya melawan Partai Nasionalis Bangladesh.

Meski pemilu telah usai, Proses Pemilu sempat dibumbui aksi pembakaran kereta api dan menewaskan 4 orang.

Baca Juga: TERDAPAT 322 PRODI Farmasi Penerima KIP Kuliah 2024? Yuk Cek Informasi Lengkapnya

Pemilu Pakistan juga diributkan dengan insiden yang serupa, puluhan orang tewas akibat baku tembak dan lemparan granat di tempat pemungutan suara. Deputi Komisioner kota Qila Saifullah, Yasir Bazai mengatakan melalui Aljazeera, 12 orang tewas dan 25 orang luka-luka akibat ledakan bom rakit yang dipasangkan di dalam sepeda motor.

Menteri Informasi Provinsi Balochistan mengatakan kepada Dawn.com,Masyarakat yang telah terbunuh sejauh ini, 18 orang dari Khonazai dan 12 orang dari Qila Saifullah.

Di Komoro, paska pemilihan umum, oposisi yang protes berseteru dengan tentara di jalan ibu kota dan menewaskan 1 orang remaja berusia 21 tahun.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah