STANDAR Nilai Ambang Batas REKRUTMEN CPNS 2024 DITINGKATKAN? Berikut Informasi Lengkapnya

- 15 Februari 2024, 20:05 WIB
Aba Subagja, Plh Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN RB. Menjelang rekrutmen ASN 2024, pemerintah Indonesia berencana untuk meningkatkan nilai ambang batas, utamanya untuk seleksi CPNS 2024.
Aba Subagja, Plh Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN RB. Menjelang rekrutmen ASN 2024, pemerintah Indonesia berencana untuk meningkatkan nilai ambang batas, utamanya untuk seleksi CPNS 2024. /menpan.go.id


BeritaSoloRaya.com - Jelang proses rekrutmen CASN 2024, pemerintah Indonesia saat ini sedang menyiapkan rancangan kebijakan rekrutmen ASN 2024. Salah satu topik kunci adalah penetapan Nilai Ambang Batas (NAB) atau passing grade.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui unggahan siaran langsung akun Youtube resmi BKN pada tanggal 15 Februari 2024, Aba Subagja selaku Plt Deputi Bidang SDM KemenPAN RB memberikan informasi terkait kebijakan rekrutmen ASN 2024 termasuk nilai ambang batas untuk rekrutmen ASN terutama CPNS.

Aba Subagja memberikan informasi mengenai kebijakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk nilai ambang batas ASN 2024 pada agenda Rapat Koordinasi Pengawasan dan Pengendalian 2024 yang diselenggarakan di Provinsi Bali pada hari Selasa, 6 Februari 2024.

Aba Subagja juga memberikan informasi mengenai penetapan Nilai Ambang Batas (NAB) atau yang biasa dikenal dengan istilah passing grade pada rekrutmen ASN 2024.

Baca Juga: UPDATE PENETAPAN NIP CPNS dan NI PPPK 2023 per 12 Februari 2024. Simak Informasi Lengkapnya

Plt Deputi Bidang SDM KemenPAN RB menyebutkan bahwa proses seleksi rekrutmen ASN khususnya untuk formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan memiliki standar Nilai Ambang Batas yang lebih tinggi.

Aba Subagja menambahkan bahwa rencana peningkatan nilai ambang batas untuk rekrutmen ASN 2024 tersebut memiliki tujuan untuk membentuk sistem seleksi rekrutmen yang lebih kompetitif.

Hingga saat ini, pemerintah Indonesia belum mengumumkan secara resmi terkait informasi rekrutmen ASN mencakup formasi pada instansi pusat dan instansi daerah termasuk NAB yang akan digunakan.

Hal ini disebabkan oleh proses tahapan rekrutmen ASN 2024 yang belum sampai pada tahapan tersebut. Saat ini, tahapan rekrutmen ASN 2024 yang masih berlangsung ialah proses usulan kebutuhan oleh instansi pusat dan instansi daerah.

Untuk mendapatkan informasi secara komprehensif terkait nilai ambang batas, pada artikel ini menggunakan perbandingan NAB ASN sesuai dengan benchmarking atau standar NAB yang digunakan pada tahun 2023.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah