Apa Itu Wayang Potehi? Wayang Persenyawaan Tionghoa dengan Nusantara Ini Ternyata Patut Dilestarikan, lho

- 24 September 2023, 13:10 WIB
Wayang Potehi
Wayang Potehi /Antara/Destyan Sujarwoko/

BERITASOLORAYA.com – Mungkin istilah wayang Potehi masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi pada kenyataannya, wayang ini merupakan persenyawaan Tionghoa dengan Nusantara. Wayang Potehi merupakan kesenian asal Tionghoa yang sudah menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Kesenian wayang potehi dibawa oleh perantau etnis Tionghoa ke berbagai daerah di Nusantara pada masa silam.

Karena ada pencampuran budaya antara Tionghoa dengan Nusantara, maka wayang Potehi merupakan persenyawaan di antara keduanya. Perpaduan unsur budaya asal daratan Cina dengan budaya lokal memberi warna tersendiri bagi wayang Potehi.

Seperti yang dikutip BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber pada 24 September 2023, ternyata terdapat asal-usul kata dari wayang Potehi. Wayang Potehi berasal dari kata yaitu ‘pou’ (kain), ‘te’ (kantong) dan ‘hi’ (wayang).

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Riau, Penguasa Pulau Rempang pada Abad ke-19

Dengan asal suku kata tersebut, maka wayang Potehi berarti wayang yang berbentuk kantong dari kain. Wayang ini dimainkan dengan kelima jari. Tiga jari tengah mengendalikan kepala, sedangkan ibu jari dan kelingking menggerakkan badan wayang.

Wayang Potehi merupakan kesenian tradisional Tionghoa yang sudah berkembang selama kurang lebih 3.000 tahun silam. Semenjak ada Dinasti Jin (265-420 M), wayang Potehi telah berkembang di Nusantara.

Untuk memainkan wayang Potehi setidaknya membutuhkan 5 pemain, yaitu 2 pemain bertindak sebagai dalang dan 3 pemain sebagai pengiring musik. Cerita yang dimainkan dalam wayang Potehi adalah legenda dan kepahlawanan dari Tiongkok.

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah