Pemkot Solo Ajak Para Pelaku UMKM Go Digital

- 8 Oktober 2021, 07:00 WIB
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa saat memberikan pengarahan dalam Seminar UMKM Go Digital Pedagang BTC dan Pasar Klewer, di Gedung Djoeang 45 Solo, Kamis, 7 Oktober 2021.
Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa saat memberikan pengarahan dalam Seminar UMKM Go Digital Pedagang BTC dan Pasar Klewer, di Gedung Djoeang 45 Solo, Kamis, 7 Oktober 2021. /Ari Welianto

 

BERITASOLORAYA.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meminta UMKM di Kota Solo bisa memanfaatkan digitalisasi dalam proses penjualan.

 
Penggunaan digital sebagai upaya agar UMKM Solo bisa naik kelas dan dikenal masyarakat luas.
 
"Kita harus beralih pada cara pemasaran lewat online. Jika tidak, kita akan ketinggalan," ujar Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa dalam
Seminar UMKM Go Digital Pedagang BTC dan Pasar Klewer, di Gedung Djoeang 45 Solo, Kamis, 7 Oktober 2021. 
 
 
Teguh menegaskan, tidak akan ada kekhawatiran UMKM tidak laku setelah beralih ke online. Karena dengan aplikasi saja sudah laku selain berdagang secara fisik.
 
Saat ini para operator market place di Indonesia banyak yang turun langsung mengajak para pelaku usaha khususnya UMKM di Kota Solo.
 
Pemkot sangat menyadari kehadiran mereka sebagai upaya mendongkrak ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi warga Solo. 
 
"Adanya aplikasi market place akan mempermudah jual beli, dengan resiko paling rendah," katanya.
 
Berharap, banyak UMKM di Solo mau memanfaatkan digitalisasi perdagangan dan UMKM. 
 
Adanya market place seperti Shopee, Tokopedia, Go To atau Bukalapak siap membantu pemulihan ekonomi Kota Solo lewat digitalisasi perdagangan dan pemasaran. 
 
Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Solo, Heru Sunardi mengatakan jika digitalisasi perdagangan akan mampu mengangkat UMKM Solo untuk selalu bersaing di era globalisasi.
 
Apalagi saat ini di masa pandemi, perdagangan atau penjualan terkena imbasnya dan menghentikan bisnisnya. 
 
"Tapi perdagangan secara on line mampu bertahan dan semakin meningkat volume penjualannya.
 
Tidak ada kata terlambat bagi para pedagang dan UMKM untuk beralih ke online dengan memanfaatkan masker place," sambung dia.
 
Sementara itu, Manajemen BTC, Hendri menambahkan jika keberadaan market place di Kota Solo harus dimanfaatkan dengan baik. 
 
"Ini momen dan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku perdagangan dan UMKM di Solo. Mau go digital atau mau ditinggal," tandasnya.
 
 
Sekarang ini bentuk usaha ekonomi dan perdagangan tidak akan bisa lepas dari digitalisasi. Semakin hari digitalisasi tidak bisa dihindari secara sadar dan tidak sadar. ***

Editor: Inung R Sulistyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x