Simak 6 Perubahan Program Kartu Prakerja 2023, Nomor 2 Dinanti Tapi Nomor 3 Banyak Diprotes

- 9 Februari 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi: Program Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2023. Namun, pada program Kartu Prakerja tahun ini, ada sejumlah perubahan yang diumumkan pemerintah.
Ilustrasi: Program Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2023. Namun, pada program Kartu Prakerja tahun ini, ada sejumlah perubahan yang diumumkan pemerintah. /Instagram/@prakerja.go.id

BERITASOLORAYA.com – Program Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2023. Namun, pada program Kartu Prakerja tahun ini, ada sejumlah perubahan yang diumumkan pemerintah.

Informasi mengenai perubahan program Kartu Prakerja ini sangat penting untuk diketahui para pencari kerja karena berhubungan dengan kepesertaan yang berbeda dari pelaksanaan Kartu Prakerja di tahun sebelumnya.

Terdapat 6 perubahan pada program Kartu Prakerja tahun 2023 yang dirilis oleh akun Instagram resmi @prakerja.go.id pada 13 Januari 2023 lalu.

Baca Juga: Waspada, Hal Ini Bisa Sebabkan Tunjangan Sertifikasi atau TPG Triwulan 1 Gagal Cair, Guru Harap Cermati…

[Catat, save, dan share ini!] Perubahan-perubahan pada Program Kartu Prakerja Skema Normal tahun 2023 ini telah diumumkan pada Kamis, 5 Januari 2023 lalu pasca rapat koordinasi Komite Cipta Kerja,” tulis akun @prakerja.go.id.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Rapat Komite Cipta Kerja telah memutuskan program Kartu Prakerja akan kembali dilaksanakan pada triwulan pertama tahun 2023 ini dengan skema normal.

Lalu apa saja perubahan pada program Kartu Prakerja tahun 2023? Simak selengkapnya.

1. Kartu Prakerja Bukan Program Bantuan Sosial

Program Kartu Prakerja sejak dimulai pada tahun 2020 lalu hingga tahun 2022 menjalankan misi ganda sebagai program peningkatan kompetensi angkatan kerja dan bantuan sosial.

Oleh karena itu, pada rentang waktu tersebut, program ini tergolong ke dalam program semi bansos.

Baca Juga: Hore! Guru yang Masuk Kategori Usia Lanjut Ini Bisa Dapat Sertifikasi Tahun Ini, Cek Persyaratannya di Sini

Namun, dimulai tahun 2023 ini, program Kartu Prakerja hanya akan fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

2. Penerima Bansos Bisa Daftar Prakerja

Masih berkaitan dengan poin pertama, karena program ini bukan lagi program bansos, maka para penerima bansos sudah bisa mendaftar program Kartu Prakerja.

Adapun yang dimaksud penerima bansos dalam hal ini adalah penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan lainnya.

3. Nilai Manfaat Akan Lebih Besar

Pada program Kartu Prakerja 2023, terdapat nilai manfaat yang lebih besar. Dalam unggahan tersebut, terdapat rincian manfaat bantuan bagi para peserta Kartu Pekerja dengan total Rp4,2 juta.

Baca Juga: Cek 2 Kabar Gembira Kemdikbud untuk THK-II dan Guru Honorer Se-Indonesia Jelang Pengumuman Kelulusan PPPK 2022

Total bantuan Rp4,2 juta tersebut dirinci sebagai berikut:

- Bantuan biaya pelatihan Rp3,5 juta

- Biaya pengganti transportasi dan internet Rp600 ribu

- Insentif pengisian survei Rp100 ribu.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani

Sumber: Instagram @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x