Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian: Satgas Ekspor akan Tingkatkan Ekspor UMKM

- 18 Februari 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi. Pemerintah bentuk Satgas Ekspor untuk meningkatkan ekspor UMKM
Ilustrasi. Pemerintah bentuk Satgas Ekspor untuk meningkatkan ekspor UMKM /Foto: Antara/Anis Efizudin/

BERITASOLORAYA.com – Susiwijono Moegiarso, selaku Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan bahwa Presiden Jokowi telah mengarahkan untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) ekspor.

Satuan Tugas ini difungsikan untuk mendorong ekspor, terutama produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari Antara pada Jumat, 17 Februari 2023, berikut adalah pernyataan dari Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengenai program-program untuk UMKM.

“Satgas Ekspor akan mengurusi masalah akses pembiayaan, pelatihan, akses ke pasar, dan lain-lain. Sebenarnya juga program-program untuk UMKM di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian sudah cukup lengkap, semisal KUR,” kata Susiwijono Moegiarso.

Baca Juga: Gelombang Kedua Misi Kemanusiaan Republik Indonesia Tiba di Turkiye, Gelombang Terakhir Akan Mendarat Besok

Dalam acara pertemuan dengan DPP Aliansi Produk Nusantara Indonesia UMKM ini, Susiwijono menerangkan bahwa tugas Satgas Ekspor juga akan berkaitan dengan peningkatan kapasitas UMKM ekspor.

“Menko Perekonomian yang akan mengoordinasikan semua menteri terkait dalam pembentukan Satgas Ekspor. Selain pelatihan umum, karena kami mengoordinasikan Kartu Prakerja juga, mudah-mudahan dengan terbentuknya Satgas Ekspor akan lebih fokus mengurusnya,” ucapnya.

Dikatakan, pemberdayaan peran Pusat Logistik Berikat (PLB) akan dimaksimalkan supaya bisa membantu para pelaku UMKM mendapatkan pemberian cicilan pembelian barang modal/mesin, bahan baku impor, serta akses pemasaran lokal dan global.

Baca Juga: Semakin Jelas, Tenaga Honorer Wilayah Ini akan Diberhentikan. Surat Perintah Tugas jadi Bukti...

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x