Resensi Buku Rich Dad Poor Dad, Sebuah Buku Tentang Pola Pikir Keuangan dan Investasi

- 10 Maret 2023, 22:37 WIB
Ilustrasi investasi kekayaan
Ilustrasi investasi kekayaan /Pixabay/WorldSpectrum

BERITASOLORAYA.com - Rich Dad Poor Dad adalah buku terkenal karya Robert Kiyosaki yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1997. Buku ini telah terjual lebih dari 32 juta kopi di seluruh dunia dan telah menjadi panduan untuk banyak orang dalam membangun kekayaan dan mencapai kebebasan finansial.

Rich Dad Poor Dad merupakan buku yang menceritakan pengalaman Kiyosaki dengan dua figur ayah yang ia sebut sebagai ‘ayah kaya’ dan ‘ayah miskin’. Ayah kaya adalah ayah sahabat Robert Kiyosaki, sedangkan ayah miskin adalah ayah kandung Kiyosaki sendiri. 

Dalam buku Rich Dad Poor Dad , Robert Kiyosaki menyajikan tentang perbedaan cara pandang, sikap, dan tindakan antara ayah kaya dan ayah miskin terhadap uang.

Baca Juga: Investor Wajib Mengenal Candlestick, Salah Satu Isyarat dalam Membaca Naik dan Turunnya Nilai Saham

Robert Kiyosaki menceritakan dalam buku Rich Dad Poor Dad bahwa ayah kaya mempunyai pandangan yang berbeda tentang uang dan kekayaan dibandingkan dengan ayah miskin.

Ayah kaya lebih memfokuskan pada investasi dan mencari sumber penghasilan pasif yang bisa menghasilkan uang secara terus-menerus. Sementara ayah miskin lebih memfokuskan pada bekerja keras untuk memperoleh uang dan keamanan finansial.

Buku Rich Dad Poor Dad ini memberikan banyak pelajaran berharga dalam pengelolaan keuangan dan investasi. Beberapa pelajaran tersebut adalah:

1. Perbedaan Antara Aset dan Liabilitas

Menurut Robert Kiyosaki, aset adalah sumber penghasilan pasif yang dapat menghasilkan uang, sedangkan liabilitas adalah pengeluaran yang tidak menghasilkan uang atau bahkan memakan uang.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x