Investor Wajib Mengenal Candlestick, Salah Satu Isyarat dalam Membaca Naik dan Turunnya Nilai Saham

- 10 Maret 2023, 22:20 WIB
Ilustrasi candlestick yang oerlu diketahui investor saat melakukan investasi saham
Ilustrasi candlestick yang oerlu diketahui investor saat melakukan investasi saham /Pixabay/mohamed hassan

BERITASOLORAYA.com — Bagi yang masih baru dalam dunia saham, pasti asing dengan istilah candlestick. Berikut pengertian hingga step-step melakukan candlestick yang harus diketahui.

Dalam dunia investasi saham, ada dua jenis analisis yang biasa digunakan oleh para investor, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal. Nah, artikel ini membahas mengenai analisis teknikal yang sering dipraktikkan bagi para investor saham.

Analisis teknikal memiliki salah satu alat untuk memantau pergerakan harga saham bernama analisis grafik saham. Alat ini berfungsi menggunakan berbagai macam jenis grafik untuk melihat nilai saham, seperti line chart, bar chart, hingga candlestick chart.

Baca Juga: Guru Madrasah Sumringah Dapat Tunjangan Kinerja, Cek Kriteria hingga Faktor yang Mengurangi Nilainya

Candlestick merupakan salah satu jenis grafik harga saham yang kerap dipakai dalam penerapan analisis teknikal untuk menunjukkan harga tertinggi, terendah, pembukaan, maupun penutupan suatu saham pada periode waktu tertentu.

Candlestick juga sebuah alat yang pernah diterapkan oleh trader komoditas beras yang ada di Jepang. Fungsinya adalah untuk mencatat harga pasar seiring berjalannya waktu, yang kemudian data tersebut digunakan untuk memprediksi naik-turunnya harga di masa yang akan datang.

Candlestick yang saat ini beralih fungsi ke dalam dunia investasi di saham, memiliki dua komponen utama yang wajib banget diketahui oleh para investor saat ini.

Baca Juga: Cek 8 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan, Insya Allah Untung

• Tubuh Candle (Body): Bagian dari candlestick yang memperlihatkan harga pembukaan serta penutupan pada suatu periode waktu tertentuyang ditunjukkan dari bentuk persegi empat berwarna merah-hijau atau hitam-putih.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam

Sumber: OJK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x