Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Safe Deposit Box Ada di Sini

- 11 Maret 2023, 10:32 WIB
Ilustrasi safe deposit box
Ilustrasi safe deposit box /Pixabay/Rick Bella

BERITASOLORAYA.com - Saat Anda sedang mencari tempat untuk menyimpan uang tunai, dokumen penting, atau barang berharga lainnya, safe deposit box adalah salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan. 

Safe deposit box bisa menjadi alternatif menyimpan selain brankas di rumah. Meskipun sebenarnya peruntukan antar keduanya adalah berbeda.

Untuk lebih memahami dan sebelum mendaftar untuk menyimpan barang Anda ke safe deposit box, ada baiknya untuk memahami segala sesuatunya di artikel ini.

Baca Juga: CPNS 2023 Tidak Diminati? Simak Alasan Pengunduran diri PNS dan Solusi Terbaik dari Pakar!

Apa Itu Safe Deposit Box?

Safe deposit box adalah wadah aman yang bisa Anda sewa untuk menyimpan barang-barang penting. Kotak-kotak penyimpanan  ini dapat disewa di bank yang  tersedia dalam berbagai ukuran dan biasanya terbuat dari logam. Ukuran paling kecil bisa 7x12x60 cm sampai dengan sebesar 88x38x70 cm.

Di Indonesia, bank berskala nasional yang menyediakan layanan safe deposit box adalah BCA, BCA Syariah, CIMB Niaga, Bank Mandiri dan BNI. Selain Bank, Pegadaian juga membuka jasa sewa safe deposit box.

Safe deposit box disimpan dalam lemari besi yang ada di bank. Biasanya dibutuhkan dua kunci untuk membuka brankas, yaitu kunci Anda ditambah kunci yang disimpan oleh bank. Bank tidak memiliki atau memegang salinan kunci pribadi Anda. Hanya Anda yang memegangnya, maka jagalah baik-baik.

Baca Juga: Perhatian, Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Teknis 2022 di Daerah Ini Digelar 20 Maret Mendatang

Namun, ada juga yang tidak memakai kunci fisik seperti BCA yang lebih memilih menggunakan kartu akses dan sidik jari untuk membuka brankas. Hal ini menjadikannya lebih aman dari risiko kunci hilang.

Halaman:

Editor: Dian R.T.L. Syam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah