Sebentar Lagi Ramadhan, Bank Indonesia Sumatera Selatan Ciptakan Inovasi Kendalikan Inflasi Komoditas Pangan

- 26 Februari 2023, 07:25 WIB
BI Sumatera Selatan siapkan inovasi untuk mengendalikan  inflasi komoditas pangan
BI Sumatera Selatan siapkan inovasi untuk mengendalikan inflasi komoditas pangan /Foto: bi.go.id/

BERITASOLORAYA.com – Tidak terasa bulan Ramadhan akan tiba di bulan Maret dan Idul Fitri yang jatuh pada bulan April. Biasanya menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, komoditas pangan akan mengalami inflasi. Hal itu mendorong Bank Indonesia atau BI Sumatera Selatan menciptakan inovasi.

Guna mengendalikan inflasi komoditas pangan yang mungkin terjadi pada bulan Ramadhan, BI Sumatera Selatan mengusung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan atau GNPIP. GNPIP melaksanakan program gabungan dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan atau GSMP.

Program ini digagas Pemerintah Sumatera Selatan sejak Desember 2021. Program pengendalian inflasi komoditas pangan jelang bulan Ramadhan ini dikemukakan oleh BI pada perhelatan GNPIP Sumatera Selatan pada Jumat, 24 Februari 2023 di Palembang.

Soft launching GNPIP mengusung tema “Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan Nasional Melalui Program Sumsel Mandiri Pangan”. BI mengungkapkan GNPIP adalah bentuk komitmen bersama dalam memaksimalkan pengendalian inflasi komoditas pangan jelang bulan Ramadhan.

Baca Juga: HORE, Maret dan April Guru Sertifikasi Dapat Rezeki Nomplok, Bisa Langsung Cair? Cek Ketentuannya

GNPIP juga mendorong produksi untuk mendukung ketahanan pangan dengan integratif sebagai bentuk dukungan pemulihan ekonomi nasional.

Dikutip oleh BeritaSoloRaya.com dari website resmi BI bahwa peluncuran program sinergi dan inovasi ini turut dihadiri oleh Aida Budiman selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia dan Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan.

Selain itu, Fauzi H. Amro, dan Achmad Hafisz Tohir, Anggota Komisi XI RI ikut hadir dalam peluncuran program sinergi dan inovasi tersebut.

Baca Juga: Alhamdulillah, 4 Honorer Kategori Berikut Bebas dari Penghapusan 2023, Cek Golongan Kamu....

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x