Wapres Ma’ruf Amin Buka-bukaan Soal Rencana Tumbuh Kembang Ekonomi Syariah Indonesia

- 26 April 2023, 20:00 WIB
Wakil Presiden (Wapres) K. H. Mar’uf Amin
Wakil Presiden (Wapres) K. H. Mar’uf Amin /Media Kupang
 

 

BERITASOLORAYA.com - Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin dalam sesi wawancara suatu prograkm dan diterbitkan melalui BPMI Sekretariat Presiden memaparkan jika saat ini pemerintah sedang mengejar realisasi pertumbuhan value chain sesuai target tahun ini, yaitu sebanyak 4,5-5,3 persen.

Dikutip dari siaran pers yang diterima dari Sekretariat Presiden, Wapres menyebutkan upaya yang ditempuh pemerintah yaitu dengan mengejar pertumbuhan keuangan syariah dan perekonomian di Indonesia.

Ia menyebutkan peningkatan pada sektor ekonomi serta keuangan syariah dapat ditimbulkan melalui pengembangan sarana berbasis teknologi.

Baca Juga: Pusat Perbelanjaan Dipadati Pengunjung pada Hari terakhir Libur Lebaran di Kota ini!

Rencana pengembangan tersebut dikatakan Wapres dapat diwujudkan melalui sinergi yang dilakukan antar pemangku kebijakan.

“Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, ada beberapa langkah yang kita lakukan, misalnya rantai pasok halal dengan memperkuat bisnis usaha syariah, kapasitas pelaku syariah, ekspor produk halal, dan akselerasi sertifikasi halal, memperkuat halal lifestyle melalui literasi ekonomi, dan keuangan syariah,” jelas Wapres.

Ia menambahkan, pengembangan ekonomi nasional dapat dikejar melalui pengembangan ekonomi terutama digitalisasi, memperkuat infrastruktur teknologi, memperkuat kolaborasi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat, yang dapat bersinergi bersama.

Wapres juga mengatakan berbagai upaya sedang dilakukan saat ini dalam upaya memperkuat ekonomi syariah. Salah satunya pada sisi kelembagaan, yaitu meningkatkan peran Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS), serta Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS).

Halaman:

Editor: Anbari Ghaliya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x