Ekspor Baja Ke Italia, Krakatau Steel Sumbang USD 21,15 juta Devisa Negara

- 29 April 2023, 06:39 WIB
Krakatau Steel sumbang USD 21,15 juta devisa negara melalui ekspor produk unggulan Indonesia, HCR seberat 30 ribu metrik ton.
Krakatau Steel sumbang USD 21,15 juta devisa negara melalui ekspor produk unggulan Indonesia, HCR seberat 30 ribu metrik ton. /Biro Humas Kemendag/

BERITASOLORAYA.com- Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan resmikan pelepasan Ekspor produk unggulan Indonesia, baja canai panas atau hot rolled coil (HRC) ke Italia. Produk milik PT Krakatau Steel (Persero) ini berkontribusi menyumbang USD 21,15 juta devisa negara.

Proses ekspor HRC tahap pertama seberat 30 ribu metrik ton tersebut telah berhasil menambah kontribusi Krakatau Steel menyumbang devisa negara sebesar USD 21,15 juta yang setara dengan Rp315 miliar.

Adapun baja canai panas atau HRC saat ini menjadi salah satu produk ekspor unggulan Indonesia, yang menempati peringkat ke 3 teratas, dibawah batu bara dan kelapa sawit.

Menurut Mendag Zulkifli Hasan, upaya hilirisasi pada sektor besi dan baja yang dilakukan saat ini telah sejalan dengan visi yaitu menjadikan Indonesia negara maju tahun 2045.

Baca Juga: RESMI! Al Ghazali dan El Rumi Gabung Partai Gerindra, Apa Kata Prabowo Subianto?

Pihaknya dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah berkomitmen mendukung pelaku industri agar menerapkan hilirisasi yang dapat menciptakan nilai tambah sehingga mampu bersaing di pasar global.

“Oleh karena itu, upaya-upaya hilirisasi yang menghasilkan produk bernilai tambah perlu menjadi prioritas pemerintah. Untuk menjadi negara maju, tidak ada pilihan. Produk-produk kita harus menguasai pasar dunia, sekarang giliran kita,” ujar Zulkifli Hasan, Jumat, 28 April 2023.

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x