Mendag Lepas Ekspor 30 Ribu Metrik Ton Baja ke Italia, Produk Unggulan Indonesia!

- 29 April 2023, 12:54 WIB
Mendag melepas keberangkatan ekspor 30 ribu metrik ton baja hot rolled coil (HRC) produksi PT Krakatau Steel (Persero) ke Benua Italia.
Mendag melepas keberangkatan ekspor 30 ribu metrik ton baja hot rolled coil (HRC) produksi PT Krakatau Steel (Persero) ke Benua Italia. /

BERITASOLORAYA.com - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan melepas pengiriman ekspor baja canai panas atau yang dikenal dengan hot rolled coil (HRC) bervolume 30 ribu metrik ton, hasil produksi PT Krakatau Steel (Persero) ke Italia.

Proses pengiriman baja sendiri akan dilakukan bertahap, sesuai dengan kesepakatan ekspor yang disetujui kedua pihak, yaitu PT Krakatau Steel (Persero) dan perusahaan di negara tersebut.

Dalam pelepasan ekspor  PT Krakatau Steel (Persero), Mendag juga menjelaskan baja menjadi produk unggulan yang menyumbang USD 27,82 miliar dari sisi struktur produk ekspor Indonesia sepanjang tahun 2022.

Jumlah tersebut menjadi penyumbang produk ekspor ke-3 terbesar dengan pangsa 9,5 persen dari keseluruhan ekspor tahun 2022. Dimana PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menjadi salah satu produsen.

Baca Juga: ARAHAN PRESIDEN! Jokowi Cairkan Gaji ke 13 PNS 2023 Lebih Cepat Di Bulan Berikut, Siapa yang Kebagian?

“Saya dengan senang hati melepas ekspor produk HRC Krakatau Steel ke Italia hari ini. Secara bertahap, ekspor Indonesia mengubah komposisinya. Hasil baja sudah mencapai peringkat 3 ekspor unggulan Indonesia setelah batu bara dan minyak sawit. Pelaku industri baja adalah pahlawannya,” tutur Zulkifli Hasan pada Jumat, 28 April 2023.

Mendag mengaku pihaknya telah berkomitmen untuk mendukung pelaku industri agar menerapkan hilirisasi, yang berguna untuk menciptakan nilai tambah agar mampu bersaing di pasar global. 

Halaman:

Editor: Syifa Alfi Wahyudi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x