YANG DITUNGGU, TPG Triwulan 2 Cair Tanggal Berapa? Guru Sertifikasi Bakal Dapat Rejeki Nomplok

- 27 Juni 2023, 10:40 WIB
Banyak guru sertifikasi bertanya-tanya tanggal berapa tunjangan sertifikasi atau TPG) triwulan 2 cair? Simak penjelasan berikut.
Banyak guru sertifikasi bertanya-tanya tanggal berapa tunjangan sertifikasi atau TPG) triwulan 2 cair? Simak penjelasan berikut. /Unsplash/Mufid Majnun



BERITASOLORAYA.com – Menjelang akhir bulan Juni, guru sertifikasi bertanya-tanya tanggal berapa tunjangan sertifikasi atau Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan 2 cair? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui informasi mengenai pencairan TPG triwulan 2.

TPG merupakan tunjangan yang diberikan kepada guru sertifikasi sebagai bentuk pengakuan negara atau profesionalitas guru. Tunjangan ini diberikan per triwulan atau setiap tiga bulan sekali dalam satu tahun.

Bulan Juni ini, sudah banyak daerah yang mencairkan TPG triwulan 1 bagi guru ASN sertifikasi di bawah naungan Kemdikbud. Di sisi lain, masih ada daerah yang bahkan belum mencairkan TPG triwulan 1 hingga Juni ini.

Terlepas dari hal itu, sudah banyak guru sertifikasi yang menyoal pencairan TPG triwulan 2 tahun 2023. Kapan tunjangan sertifikasi guru triwulan 2 cair? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 2 Kapan Cair? Intip Regulasi tentang Syarat Dapat TPG dan Besarannya

Peraturan mengenai tunjangan sertifikasi termuat dalam Permendikbud nomor 4 tahun 2022 tentang petunjuk teknis pemberian tunjangan profesi, tunjangan khusus, dan tambahan penghasilan guru ASN daerah.

Berdasarkan peraturan tersebut, sudah ada jadwal pembayaran tunjangan sertifikasi. Berikut jadwal pembayaran TPG sesuai Permendikbud nomor 4 tahun 2022.

1. TPG triwulan 1:
- Sinkronisasi data: 28/29 Februari
- Pembayaran: Maret

2. TPG triwulan 2:
- Sinkronisasi data: 31 Mei
- Pembayaran: Juni

3. TPG triwulan 3:
- Sinkronisasi data: 31 Agustus
- Pembayaran: September

4. TPG triwulan 4:
- Sinkronisasi data: 31 Oktober
- Pembayaran: November.

Berdasarkan jadwal tersebut, tanggal pasti pencairan TPG triwulan 2 memang tidak disebutkan dalam peraturan tersebut. Adapun perbedaan tanggal pencairan TPG ke rekening guru sertifikasi terjadi karena tunjangan disalurkan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Meski demikian, untuk mengetahui tanggal berapa TPG triwulan 2 cair, kita dapat merujuk pada tanggal pencairan TPG triwulan 2 tahun lalu.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube Guru Abad 21, tahun lalu sudah ada pencairan tunjangan sertifikasi triwulan 2 tingkat SMA pada tanggal 29 Juni 2022 di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Baca Juga: HORE! 2 Kabar untuk Guru Sertifikasi Soal TPG Triwulan 2 Tahun 2023 Telah Cair dan Kabar yang Paling Ditunggu

Selain itu, ada juga beberapa daerah yang pada tahun 2022 mencairkan TPG triwulan 2 pada bulan Juli hingga Agustus seperti daerah Makassar, Barito Utara, dan Surabaya.

Dengan demikian, guru sertifikasi dapat memantau informasi pencairan TPG triwulan 2 salah satunya melalui akun Info GTK masing-masing. Hal ini sesuai dengan salah satu pernyataan dalam Permendikbud nomor 4 tahun 2022 yang berbunyi:

Guru ASN Daerah dapat mengakses informasi penyaluran Tunjangan Profesi dan Tunjangan Khusus Guru ASN Daerah yang bersangkutan secara daring (online) pada info Guru dan Tenaga Kependidikan (Info GTK) yang dapat diakses melalui laman (website) atau aplikasi telepon cerdas (smartphone).”***

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x