Pelaku Usaha Wajib Tahu! Ini Pentingnya Kredit Skor Sebelum Mengajukan KUR, Simak Cara Cek KS Disini

- 1 September 2023, 13:56 WIB
Pelaku usaha wajib tahu apa itu kredit skor sebelum mengajukan KUR
Pelaku usaha wajib tahu apa itu kredit skor sebelum mengajukan KUR /unsplash.com/@alexandermils/

BERITASOLORAYA.com -Berikut artikel tentang pelaku usaha wajib tahu ini pentingnya kredit skor sebelum mengajukan KUR, cara cek kredit skor dan mengenal lebih jauh fungsi utama kredit skor dalam dunia perbankan.

Istilah kredit skor mulai ramai ketika Presiden membahasnya dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional HIPMI ke XVIII di BSD Tangerang, Kamis, 31 Agustus 2023. Presiden Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk mendorong OJK dan BI menyalurkan KUR tanpa jaminan apapun.

Sebagai gantinya, Presiden mengatakan saat mulai menggunakan sistem kredit skor untuk mengukur apakah calon debitur layak mendapat KUR atau tidak. Bukan lagi dengan persyaratan harus memiliki agunan atau jaminan.

Hal ini karena tidak semua calon pengusaha baru atau pengusaha muda memiliki aset untuk dijaminkan ke bank. Sehingga ini menjadi masalah ketika akan mengajukan akses tambahan untuk modal usaha.

Baca Juga: KESEJAHTERAAN GURU NUMBER ONE, Komisi X Ungkap Masalah dalam Pengadaan PPPK Guru 2023? Begini….

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber berikut pengertian kredit skor, apa saja fungsinya dan bagaimana cara melakukan cek kredit skor yang mudah.
kredit skor adalah suatu indikator yang digunakan untuk menggambarkan resiko kredit calon debitur. Jika skor kredit Anda semakin tinggi maka semakin rendah resiko kreditnya.

Jika resiko kredit makin rendah maka makin mudah pula Anda mengajukan KUR. Namun jika nilai skor kredit Anda rendah berarti resiko kredit Anda cukup tinggi maka pihak bank akan meninjau dan evaluasi ulang apakah Anda bisa mengajukan KUR atau tidak.

Kriteria kredit skor sebenarnya dilihat dari berbagai aspek seperti status perkawinan, usia, pekerjaan, jabatan dan masa kerja. Ketika Anda akan mengajukan kredit, pihak bank akan melihat berbagai aspek tersebut untuk penilaian.

Pihak bank juga akan melihat riwayat berapa kali Anda pernah mengajukan kredit, berapa beban kredit yang diajukan, pernahkah menunggak kredit atau tidak. Semua itu akan jadi bahan pertimbangan sebelum memberikan KUR.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah