Buat yang Masih Bingung Lebih Untung Obligasi atau Saham, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini…

- 18 September 2023, 16:51 WIB
Ilustrasi saham dunia
Ilustrasi saham dunia /Pexels/

BERITASOLORAYA.com – Bagi Anda yang masih bingung mana yang jauh lebih untung obligasi atau saham, simak artikel berikut hingga akhir.

Sebagai informasi, investasi adalah langkah bijak untuk mengembangkan uang Anda. Di dunia investasi, dua instrumen populer adalah saham dan obligasi.

Sementara itu, obligasi adalah seperti surat utang yang diterbitkan oleh negara atau perusahaan. Ketika Anda membeli obligasi, Anda memberikan pinjaman kepada penerbit obligasi dengan harapan mendapatkan kembali dana Anda beserta bunga di masa depan.

Obligasi umumnya memiliki tingkat risiko yang rendah dan tingkat pengembalian yang tetap. Mereka adalah pilihan yang baik jika Anda menginginkan pendapatan pasif yang stabil.

Baca Juga: Berapa Harga Logam Mulia Terendah dan Tertinggi Hari Ini Senin 18 September 2023? Cek Update Info Harga Disini

Satunya lagi ada saham, yakni kepemilikan dalam suatu perusahaan. Ketika Anda membeli saham, Anda menjadi pemilik sebagian kecil perusahaan tersebut.

Keuntungan Anda dari saham datang dari kenaikan nilai saham tersebut atau dividen yang dibagikan oleh perusahaan. Saham memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi daripada obligasi karena harganya dapat fluktuatif.

Pertanyaan yang sering muncul adalah, jika Anda memiliki 10 juta rupiah, lebih baik Anda investasikan di saham atau obligasi? Jawabannya tergantung pada pengetahuan Anda tentang kedua instrumen ini.

Jika Anda belum familiar dengan saham atau baru memulai perjalanan investasi, investasi di obligasi bisa menjadi pilihan yang lebih aman.

Baca Juga: TERPANTAU STAGNAN, Cek Harga Logam Mulia Hari Ini Senin 18 September 2023, Berapa Harga per Gram?

Halaman:

Editor: Reza Fauchi Santya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x