Apa itu Saham Syariah? Pemula yang Ingin Belajar Saham Wajib Tau yang Satu ini dengan Simak Penjelasan Berikut

- 18 September 2023, 17:01 WIB
ilustrasi. penjelasan apa itu saham Syariah.
ilustrasi. penjelasan apa itu saham Syariah. /Freepik/rawpixel.com

BERITASOLORAYA.com – Sebenarnya, apa itu saham Syariah? pemula yang ingin belajar saham wajib tau yang satu ini dengan simak penjelasan berikut ini.

Mungkin banyak yang berpikir saham adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip Syariah, tetapi faktanya tidak semua saham dianggap haram.

Sebenarnya, sebagian besar saham di pasar modal Indonesia adalah saham yang sesuai dengan prinsip Syariah. Sebuah saham dapat dianggap saham Syariah jika memenuhi tiga syarat utama berikut ini sebagaimana dikutip BeritaSoloRaya.com dari kanal YouTube Saham dari Nol.

1.Perusahaan tidak boleh terlibat dalam bisnis yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, seperti alkohol, perjudian, atau produk yang haram.

2.Perusahaan harus menjalankan usahanya dengan cara yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti tidak menggunakan bunga dalam keuangan perusahaannya.

Baca Juga: Buat yang Masih Bingung Lebih Untung Obligasi atau Saham, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini…

3.Produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah.

Contohnya, perusahaan yang memproduksi minuman keras atau bank konvensional dengan sistem bunga adalah contoh perusahaan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi saham Syariah:

1.Indeks Saham Syariah: Pemerintah Indonesia telah merilis indeks-indeks saham Syariah yang berisi daftar saham-saham yang sesuai dengan prinsip syariah. Salah satunya adalah Jakarta Islamic Index.

2.Aplikasi Perusahaan Sekuritas: Anda dapat menggunakan aplikasi perusahaan sekuritas seperti Ajaib, yang memungkinkan Anda untuk memeriksa daftar saham Syariah yang terbaru.

Halaman:

Editor: Reza Fauchi Santya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x