Kapan BLT El Nino Rp400 Ribu Cair dan Siapa Saja Penerimanya? Cek Informasi Lengkapnya Disini

- 22 November 2023, 12:45 WIB
Kapan BLT El Nino Cair dan siapa saja penerimanya cek disini
Kapan BLT El Nino Cair dan siapa saja penerimanya cek disini /pixabay.com/@ekoanug-1315281/

BERITASOLORAYA.com – Berikut artikel tentang kapan BLT El Nino Rp400 ribu cair dan siapa saja kategori penerima bansos El Nino? Simak ulasan lengkapnya disini.

Saat ini banyak masyarakat yang bertanya dan mencari berbaga informasi seputar BLT El Nino dari pemerintah yang direncanakan akan cair pada bulan November 2023. Belum banyak yang tahu apakah bantuan ini bisa dicairkan melalui online atau harus diambil langsung di kantor pos terdekat.

BLT El Nino sendiri adalah bantuann sosial atau bansos yang diberikan pemerintah sebagai dampak dari cuaca buruk akibat kemarau panjang yang melanda Indonesia. BLT ini nantinya akan diberikan pada 18,8 juta Kelompok Penerima Manfaat atau KPM yang terdaftar di data terpadu Kemensos atau DTKS.

Baca Juga: Mengenal Ruang Talenta Guru, Kebijakan yang Digagas Kemdikbud Usai UU ASN Disahkan

Meski demikian, pemerintah belum resmi memutuskan apakah nantinya bansos El Nino ini akan diberikan pada KPM PKH atau KPM BPNT. Pihak Kemensos sendiri sampai saat ini masih melakukan pengkajian terkait penyaluran bansos El Nino. Hal ini dilakukan agar BLT El Nino yang akan diberikan pada masyarakat benar-benar tepat sasaran sehingga diperlukan pengkajian secar amenyeluruh terkait data siapa saja yang akan menerima bantuan ini.

Jika semua proses pengkajian selesai, BLT El Nino akan mulai disalurkan pada akhir November 2023 dengan skema pencairan bansos melalui kantor pos. Proses pencairan adalah sekali cair penerima BLT El Nino akan menerima bansos Rp100 ribu.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, nantinya hanya penerima bansos yang memiliki surat undangan pengambilan bantuan atau tanda bukti menerima BLT El Nino saja lah yang berhak mendapat bansos ini.

Jika Anda tidak bisa menunjukkan undangan pengambilan bansos atau tanda bukti lain yang berkaitan dengan penerima BLT El Nino maka tidak bisa melakukan pencairan bansos.
Mengingat proses pencairan dilakukan oleh pihak kantor pos, warga penerima BLT yang ada di kawasan terluar, tertinggal dan terpencil di wilayah Indonesia tidak perlu khawatir karena pemerintah dan pihak kantor pos akan bekerjasama untuk memberikan bantuan secara door to door.

Bagaimana Cara Agar Mendapat BLT El Nino?

Jika Anda ingin mendapat BLT El Nino terlebih dahulu harus mendaftarkan diri d DTKS Kemensos melalui aplikasi Cek Bansos. Namun, tidak semua warga yang mendaftar di DTKS otomatis lolos dan berhak mendapat BLT

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x