Cek BLT yang Cair Lagi Pada 2024, BLT El Nino Cair hingga Maret, Segera Cek Bansos di Laman Kemensos

- 7 Januari 2024, 10:41 WIB
Pemerintah akan berikan bansos bagi KPM
Pemerintah akan berikan bansos bagi KPM /indonesia.go.id

BERITASOLORAYA.com – Pada awal 2024, Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino bakal cair kembali. Dampak El-Nino yang masih dirasakan hingga awal 2024 menyebabkan terjadinya kekeringan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Akibatnya, produksi pertanian menjadi terganggu. Kurangnya air menyebabkan penuruan kualitas tanaman sehingga hasil panen terganggu dan menyebabkan kenaikan harga pangan di pasaran.

Untuk itu, pemerintah membuat program BLT El Nino yang merupakan bansos khusus untuk Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang terdampak El Nino. Mereka adalah masyarakat rentan miskin dan miskin.

Baca Juga: Alasan Pendaftar Ditolak Sebagai Penerima Bansos Provinsi Jawa Barat

Saat berkunjung ke Gudang Bulog di Kabupaten Banyumas di Jawa Tengah beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyebut jika BLT El Nino diberikan untuk menutup adanya kenaikan harga di lapangan karena musim panas yang panjang.

Dalam kunjungan itu pula, Presiden juga mengatakan ada beberapa bantuan yang akan diberikan hingga Maret 2024.

Seperti bansos BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai, bantuan beras 10 kilogram, dan BLT El Nino Rp400.000 untuk alokasi 2 bulan.

Baca Juga: Informasi Lengkap Terkait Jenis Bantuan Sosial Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Untuk mengetahui apakah KPM masih mendapat bansos pada 2024, ini dia cara mengeceknya melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Halaman:

Editor: Tria Ari Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x