RESMI! Bansos Dilanjut Hingga Bulan Juni 2024, Cek Apa Saja yang Disalurkan Tahun Ini

- 11 Januari 2024, 21:12 WIB
Kementerian Perdagangan atau Kemendag memastikan bansos bakal dilanjut hingga Juni 2024 termasuk BLT El Nino. Bansos apa saja, ya?
Kementerian Perdagangan atau Kemendag memastikan bansos bakal dilanjut hingga Juni 2024 termasuk BLT El Nino. Bansos apa saja, ya? /Indonesia.go.id

BERITASOLORAYA.com – Bantuan sosial atau bansos untuk masyarakat kurang mampu di Indonesia dipastikan berlanjut hingga Juni 2024. Bansos apa saja yang dilanjutkan pemerintah tahun ini? Simak ulasannya berikut.

Kepastian kelanjutan program bansos itu diungkapkan Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, seusai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Selasa 9 Januari 2024.

Ia menyatakan telah mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait keberlanjutan penyaluran bansos pada tahun 2024.

“Bapak Presiden telah memutuskan bahwa bansos dan BLT El Nino tetap dilanjutkan hingga Juni 2024,” katanya dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman Kemendag pada Kamis 11 Januari 2024.

Menurut Zulkifli, bansos tersebut dilanjut pada 2024 karena masih dibutuhkan masyarakat kurang mampu. Ia menambahkan keberadaan bansos itu sangat penting dalam mengantisipasi kenaikan harga pangan.

Salah satu bahan pangan yang mengalami kenaikan harga adalah beras. Kenaikan harga beras ini tidak lepas dari perubahan iklim akibat El Nino sehingga panen raya bergeser.

Sebelumnya, lanjut dia, panen diperkirakan pada Februari atau Maret 2024. Namun ternyata prediksi panen raya mundur pada Juni atau Juli 2024.

“Panen padi diprediksi mundur menjadi bulan Juni atau Juli, sehingga BLT sebesar Rp400.000 masih diperlukan dan dilanjutkan hingga Juni 2024,” jelas Zulkifli.

Baca Juga: ALHAMDULILLAH! Bansos Rice Cooker Gratis Mulai Dibagikan Januari 2024, Simak Persyaratan untuk Mendapatkannya

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah