Dampak Banjir Awal Tahun 2024 di Jawa Barat, Harga Bahan Pokok Menjadi Tidak Stabil

- 14 Januari 2024, 07:40 WIB
Harga bahan pokok di Provinsi Jawa Barat
Harga bahan pokok di Provinsi Jawa Barat /Pexel

BERITASOLORAYA.com – Jawa Barat merupakan provinsi yang sangat terkenal akan sejarah budayanya. Namun, akibat cuaca ekstrem akhir-akhir ini menyebabkan beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat harus terkena dampaknya termasuk ketidakstabilan harga bahan pokok.

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui website Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan pada tanggal 14 Januari 2024 menuliskan 16 item komoditas sebagai perbandingan harga barang kebutuhan pokok di Provinsi Jawa Barat. Diantaranya 7 bahan pokok mengalami kenaikan harga, 8 bahan pokok mengalami penurunan harga, dan hanya 1 bahan pokok yang tercatat stabil.

Harga bahan pokok per 14 Januari 2024 dapat terbilang tercatat tidak stabil dikarenakan banyaknya item komoditas yang mengalami perubahan harga. Adapun komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan adalah minyak goreng kemasan premium yakni naik sebesar 1.48 persen dan cabe merah besar baik sebesar 0.53 persen.

Baca Juga: Alhamdulillah, Kemendikbud Sudah Umumkan Kelulusan CPNS 2023, Peserta Lulus Wajib Lengkapi Pengusulan NIP

Dikutip BeritaSoloRaya.com melalui website Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada tanggal 14 Januari 2024 menuliskan bahwa bencana banjir banyak melanda di beberapa wilayah di Provinsi Jawa Barat seperti di Kota Bandung. Hal ini disebabkan oleh tingginya intensitas hujan.

Faktor cuaca tersebut memiliki potensi besar untuk menghambat pasokan distribusi bahan pokok. Sehingga, hal inilah yang dapat menjadi salah satu determinan tidak stabilnya bahan pokok di Provinsi Jawa Barat saat ini.

Artikel ini akan membahas mengenai perkembangan terkini harga bahan pokok per 14 Januari 2024 di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan informasi yang dikutip dari website resmi Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan dengan pantauan update terakhir pada tanggal 12 Januari 2024, sebagai berikut:

Baca Juga: KUR BRI 2024 Resmi Dibuka! ini Cara Pengajuan, Tabel Angsuran dan Bunganya...

1. Beras medium : Semula Rp13.039/Kg menjadi Rp13.058/Kg (mengalami kenaikan harga)

Halaman:

Editor: Tria Ari Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x