GAMPANG, Begini Cara Cek Penerima Bansos KIS PBI JK 2024: Syarat dan Link untuk Mengecek

- 23 Januari 2024, 09:32 WIB
Ilustrasi. Simak cara cek penerima bantuan sosial atau bansos KIS PBI JK 2024 berikut syarat-syarat calon penerima bantuan ini.
Ilustrasi. Simak cara cek penerima bantuan sosial atau bansos KIS PBI JK 2024 berikut syarat-syarat calon penerima bantuan ini. /Pixabay

BERITASOLORAYA.com – Simak cara cek penerima bantuan sosial atau bansos KIS PBI JK 2024. Apakah Anda salah satu penerima bansos ini? Simak syarat mendapatkan bansos KIS PBI JK 2024 dan cara cek status penerimanya.

Bansos Kartu Indonesia Sehat Program Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau KIS PBI JK 2024 merupakan program bantuan sosial bagi masyarakat, khususnya dalam aspek kesehatan.

Penerima bansos KIS PBI JK 2024 menerima bantuan berupa layanan BPJS Kesehatan secara gratis. Artinya, seluruh biaya iuran ditanggung oleh pemerintah dalam rangka memastikan akses kesehatan tidak menjadi beban tambahan bagi masyarakat miskin.

Besaran bansos KIS PBI JK 2024 adalah sebesar Rp42 ribu per bulan untuk setiap individu. Bantuan ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk uang. Akan tetapi, dana bantuan akan langsung diberikan kepada layanan kesehatan di wilayah tempat penerima terdaftar.

Baca Juga: Ibu Hamil Bisa Dapat Bansos Rp3 Juta? Ini Syarat untuk Mendaftar Bantuan PKH 2024

Syarat Penerima Bansos KIS PBI JK 2024

Berikut ini syarat penerima bansos KIS PBI JK 2024 sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Kemensos:

1. Calon penerima sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

2. Memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang menjadi bukti bahwa calon penerima memang berada dalam kondisi ekonomi yang sulit.

3. Memiliki Kartu Keluarga (KK) sebagai salah satu identifikasi resmi yang menunjukkan bahwa calon penerima adalah bagian dari sebuah keluarga.

4. Memiliki e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk elektronik menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi. Ini membantu memastikan identitas penerima bantuan.

5. Memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

Baca Juga: SIAP CAIR! Bansos PKH Tahun 2024 Tahap I, Cek Jadwal Pencairan dan Besaran Nominalnya di Sini

Cara Cek Penerima Bansos KIS PBI JK 2024

Untuk mengecek penerima bansos KIS BPI JK 2024, ada dua cara yang bisa ditempuh, yakni melalui laman resmi Kemensos dan melalui layanan WhatsApp.

1. Cek Penerima melalui Laman Kemensos

a. Pertama, buka laman kemensos, klik link ini.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x