ALHAMDULILAH! BLT El Nino 2024 Rp400 Ribu Sudah Cair Bulan Januari, Cek Daftar Penerima Bansos Disini

- 26 Januari 2024, 16:29 WIB
Alhamdulilah BLT El Nino 2024 Rp400 ribu cair bulan Januari ini, cek daftar penerima bansos disini
Alhamdulilah BLT El Nino 2024 Rp400 ribu cair bulan Januari ini, cek daftar penerima bansos disini /Pexels.com/@robert lens/

BERITASOLORAYA.com – Berikut adalah artikel tentang alhamdulilah BLT El Nino 2024 Rp400 ribu sudah cair bulan Januari ini. Cek daftar penerima bansos dan cara pengambilannya, KPM wajib tahu update informasi seputar BLT El Nino.

Kabar bahagia yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pemerintah resmi melanjutkan program pemebrian bansos El Nino pada 18,8 juta keluarga penerima manfaat atau KPM. Setelah sebelumnya banyak masyarakat yang bertanya-tanya apakah BLT El Nino akan benar-benar dihentikan di tahun 2024.

Ternyata pemerintah mengambil kebijakan akan meneruskan program bansos El Nino bagi masyarakat yang membutuhkan. BLT El Nino 2024 akan dilanjutkan sampai bulan Juni 2024 dan sudah mulai cair pada bulan Januari.

Baca Juga: Komisi II Pastikan Seluruh Tenaga Honorer Diangkat Jadi PPPK Penuh Waktu di Tahun 2024, Begini Penjelasannya

Meski sudah mulai pencairan, namun perlu diketahui masyarakat atau KPM bahwa proses pencairan bansos El Nino dilakukan secara bertahap. Jadi, antara satu daerah dengan daerah lain waktu pencairan bansos bisa berbeda tergantung dari pemerintah daerah setempat.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari laman cekbansos.kemensos.go.id, masing-masing KPM akan menerima dana bansos El Nino 2024 sebesar Rp200 ribu, biasanya proses pencairannya dilakukan dengan cara rapel yaitu diberikan dua bulan sekali sehingga KPM akan menerima total dana bansos Rp400 ribu.

Selama 6 bulan kedepan proses penyaluran bansos El Nino, KPM akan menerima total dana bansos senilai Rp1,2 juta. Tujuan diberikan dana bansos El Nino adalah untuk menjaga daya beli masyarakat.

Tidak bisa dipungkiri sejak akhir tahun 2023 sampai saat ini Indonesia masih mengalami badai El Nino atau perubahan iklim yang cukup ekstrim. Dimana tingkat curah hujan rendah sehingga beberapa daerah di Indonesia mengalami kekeringan panjang.

Kekeringan panjang tentu berdampak pada gagal panen sehingga membuat harga beras melonjak tinggi dan banyak masyarakat yang kesulitan dengan kondisi ini. Melihat kondisi ini akhirnya pemerintah berinisiatif untuk memberikan bantuan sosial atau bansos El Nino pada KPM yang sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

KPM bisa melakukan cek ATM bank himbara untuk melihat apakah uang bansos El Nino sudah cair atau belum ke rekening Anda.

Halaman:

Editor: Windy Anggraina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x