BLT El Nino 2024 Kapan Cair? Tunggu Rilis Resmi Kemensos di Laman Cekbansos, Ini Cara Cek Secara Online

- 27 Januari 2024, 20:31 WIB
Ilustrasi. BLT El Nino adalah salah satu bansos yang ditunggu masyarakat karena bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari.
Ilustrasi. BLT El Nino adalah salah satu bansos yang ditunggu masyarakat karena bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari – hari. /Pixabay / IqbalStock

BERITASOLORAYA.com – Bantuan Langsung Tunai atau BLT El Nino 2024 merupakan salah satu bantuan sosial (bansos) yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Meskipun bansos BLT El Nino merupakan program tambahan tahun 2023, namun banyak warga kurang mampu yang merasakan manfaatnya.

Dihimpun BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, tahun lalu BLT El Nino disalurkan pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak fenomena El Nino.

Adanya El Nino membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan sehingga banyak yang tidak bisa menanam padi dan gagal panen.

Dampaknya, harga sejumlah kebutuhan pokok naik. Seperti beras, sayur, dan beberapa bahan pangan lainnya.

Baca Juga: SUDAH CAIR! BLT El Nino 2024 Rp400 Ribu, KPM Wajib Tahu, Cek Daftar Penerima Bansos Melalui Aplikasi Ini

Pemerintah lalu menyalurkan BLT El Nino pada November – Desember 2023 untuk membantu warga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhannya.

Besaran BLT El Nino yaitu Rp200.000 per bulan untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pada 2023, jumlah total KPM di Indonesia ada 18,8 juta.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu menyebut jika BLT El Nino segera cair pada Februari 2024. Saat ini pemerintah sedang mengecek ulang data penerimanya.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x