Bansos BPNT dan PKH 2024 Belum Cair? Ini Penyebab Rekening Penerima Manfaat Masih Kosong

- 29 Januari 2024, 18:53 WIB
Ilustrasi. Memasuki akhir Januari 2024, BPNT dan PKH belum ada kepastian pencairannya. KPM diimbau bersabar.
Ilustrasi. Memasuki akhir Januari 2024, BPNT dan PKH belum ada kepastian pencairannya. KPM diimbau bersabar. /Indonesia.go.id

BERITASOLORAYA.com – Pemerintah berkomitmen untuk tetap melanjutkan penyaluran sejumlah bantuan sosial atau bansos pada 2024.

Namun dari 5 bansos yang ditunggu masyarakat, baru 2 bansos yang mulai disalurkan ke penerima manfaat. Bansos yang sudah cair adalah bantuan beras 10 kilogram dan Program Indonesia Pintar (PIP) 2024.

Sementara, 3 bansos lainnya yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino belum diketahui kepastian pencairannya.

Memasuki akhir Januari 2024, apakah bansos PKH dan BPNT bisa dicairkan dalam waktu dekat kepada Keluarga Penerima Manfaat atau KPM?

Berdasarkan informasi yang dihimpun BeritaSoloRaya.com dari berbagai sumber, Senin 29 Januari 2024, bantuan PKH dan BPNT per tanggal 27 Januari 2024 belum bisa cair.

Baca Juga: 4 Bansos 2024 yang Bisa Didapatkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang Salah Satunya Ibu Hamil. Apa Saja?

Hal itu disebabkan data sistem informasi kesejahteraan sosial (SIKS-NG) masih berubah-ubah.

Ada informasi terbaru jika di beberapa wilayah mulai terbit Surat Perintah Penyaluran Dana atau SP2D dengan sistem termin atau secara bertahap.

Maka, proses penyaluran bansos sudah mulai dilakukan di sejumlah wilayah. Mengacu pada tahun lalu, periode penyaluran bansos di awal tahun dimulai bulan Januari hingga Maret.

Halaman:

Editor: Egia Astuti Mardani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x